DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Soal SDG’s di P20

Forumterkininews.id, Jakarta-Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) DPR RI, Gilang Dhielafararez menyebut Indonesia siap menunjuk komitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) saat gelaran Parliamentary Speaker Summit (P20).

Menurut Gilang, salah satunya adalah strategi pembangunan ekonomi hijau dan rendah karbon untuk mengurangi emisi.

“DPR siap menunjukkan dan telah memulai menerapkan kebijakan-kebijakan yang ramah lingkungan atau go green,” kata Gilang.

“Salah satunya dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Gedung DPR,” tambahnya, dalam keterangan resminya, Jumat (30/9).

Tak hanya itu, Gilang mengatakan Ketua DPR RI Puan Maharani juga telah memerintahkan jajarannya untuk menerapkan praktik-praktik kehidupan go green. Hal dilakukan untuk menunjang pembangunan hijau.

Seperti mengurangi penggunaan botol plastik, meminimalis pemakaian kertas, pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, dan lain-lain.

Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan, Puan juga terus mengkampanyekan agar parlemen mengurangi jejak karbon dimulai dari lingkungan dewan sendiri.

Diketahui, dalam kegiatan P20, DPR nantinya juga akan mendorong penanaman jutaan pohon untuk Indonesia dan seluruh dunia.

DPR sendiri mengusung tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ dalam P20 yang sejalan dengan tema Presidensi G20, yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’.

Selain itu, ada empat isu utama yang diangkat DPR dalam forum internasional bergengsi itu.

Yakni pertama mengenai pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Kedua soal ekonomi inklusif dan ekonomi kuat untuk menghadapi tantangan terkini yaitu krisis pangan, energi, dan stagnasi.

Isu ketiga terkait parlemen efektif dan demokrasi dinamis dan isu keempat mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...