DPR Usul PLN Olah Sampah Bantargebang jadi Sumber Energi

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mendorong PT PLN (Persero) agar dapat mengelola sampah yang berada di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang untuk dikelola menjadi sumber energi.

“Saya tahu bahwa PLN ini melakukan pengolahan sampah menjadi energi. Nah sampai sejauh mana untuk Bantar Gebang ini? Karena Bantargebang ini termasuk yang besar, bukan TPA dia tapi TPST. Sudah ada katanya (pengelolaan sampah menjadi energi) tapi hanya bisa 2,1 ton, sehingga menurut saya ini harus betul betul menjadi project dari PLN,” ujar Intan dalam RDP dengan PLN di Gedung DPR RI, Rabu (20/9).

Saat ini, kata Intan, lahan kosong di sekitar Bantargebang bahkan tidak dapat dimanfaatkan menjadi pemukiman atau fasilitas kesehatan dan fasilitas sosial apapun.

Baca Juga: KTT ke-43 ASEAN, PLN Gunakan Listrik Energi Baru Terbarukan

Hal itu lantaran wilayah sekitar TPST Bantargebang sendiri dinilai tidak layak secara kesehatan. Untuk itu, pengelolaan sampah menjadi energi diharapkan dapat dirasakan manfaatkan bagi masyarakat.

“Di Bantargebang ini ada lahan kosong saja tidak bisa dibangun, baik itu untuk pemukiman ataupun Fasum, Fasos, karena tidak layak, secara kesehatan tidak layak. Jadi kalau memang kemudian ini bisa mengurai masalah sampah menjadi energi, tentu multiplayer efeknya akan panjang juga,”tandasnya.

Artikel Terkait