Dua Juta Orang Bakal Hadiri Aksi Bela Palestina 5 November

Forumterkininews.id, Jakarta- Dua juta orang dari seluruh Indonesia bakal hadir dalam aksi bela Palestina yang bertempat di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri, Sudarnoto Abdul Hakim menyampaikan aksi ini merupakan ungkapan nurani kebangsaan dan kemanusiaan.

“Dua juta. Insyallah dua juta akan kita hadirkan. Jadi ini sudah beberapa kali demo. Dan ini demo dua juta. Ini hak publik tak ada yang boleh melarang-larang,” ujar Sudarnoto, dalam konferensi pers di Kantpr MUI Pusat, Kamis (2/11).

Sejalan, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, menyebut aksi 5 November 2023 nanti juga membuktikan kesadaran kemanusiaan Indonesia untuk Palestina.

“Tidak usah mikir agama, tidak usah mikir ajaran apa lah, menyaksikan orang tidak bersalah kena bom dibunuh seperti itu. Saya rasa rasa kemanusiaan kita pasti terpanggil. Tidak usah pakai alasan apa-apa,” kata Cholil.

Aksi atas nama kemanusiaan

Seruan aksi atas nama aliansi rakyat Indonesia, kata dia, ingin menyuarakan kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia menolak dan mengecam segala bentuk penjajahan oleh Israel.

Sebagai sesama muslim katanya, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membantu Palestina. Pertama, dengan merubah situasi menggunakan kekuasaan. Kedua, dengan seruan doa, dan ketiga dengan ingkar bil-lisan.

“Besok itu adalah ingkar bil-lisan. Kita akan kumpul di Monas 5 November pagi untuk menyampaikan lisan kita kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia mengutuk dan marah terhadap tindakan Israel ke Palestina,” paparnya.

Sebagai informasi, aksi ini akan berlangsung sejak pukul 05.30 WIB pagi hingga pukul 10.00 WIB. Dalam kesempatan itu juga akan ada sejumlah orasi dari para tokoh-tokoh lintas agama termasuk MUI.

Artikel Terkait