Film Teluh Diadaptasi Kisah Nyata Kehidupan di Jawa

Forumterkininews.id, Jakarta- Teluh merupakan sebuah film horor produksi Mercusuar Film, 786 Production, serta Black Horse Entertainment. Film yang saat ini sedang tayang disutradarai oleh Dedy Mercy.

Film ini memiliki setting tempat di Jawa. Kisahnya bermula dari pembunuhan misterius terhadap Yulia (Farahdiba Ferreira), karyawati dan selingkuhan Pak Indra (Baron Hermanto).

Pak Indra adalah seorang direktur dan pemilik perusahaan batik. Cerita menegangkan dalam film Teluh kemudian mengalir.

Kematian Yulia yang misterius berawal dari jasadnya yang ditemukan menggantung. Warga menganggap kematian Yulia karena bunuh diri.

Diketahui, sebelum meninggal, Yulia mendapat teluh dalam bentuk Daru di rumahnya. Daru merupakan bola api yang menyambangi rumah korban, sebagai tanda teluh (tenung) dikirim seseorang pemilik ilmu hitam.

Arwah Yulia yang mati penasaran, ternyata ingin melampiaskan dendam kepada orang yang telah mengirimkan teluh kepadanya. Beberapa bulan kemudian, keluarga Pak Indra mendapat kiriman teluh yang jatuh di halaman rumahnya.

Sejak peristiwa itu, satu per satu keluarga Pak Indra mengalami hal mistis yang juga mengancam nyawa mereka. Keluarga Pak Indra yang tidak bersalah terkena imbas teluh yang mengancam mereka. Mereka mencoba melawan teluh yang telah mengutuknya.

Diadaptasi dari Kisah Nyata

Teluh berlatar tahun 1990 di sebuah tempat di Jawa yang diadaptasi dari kisah nyata. Kejadian teluh yang dipercaya masyarakat Jawa tentunya pernah terjadi sehingga menjadi sebuah kepercayaan di kalangan mereka.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut dari tim produksi tentang kisah mana yang diadaptasi untuk dijadikan filmnya.

Dalam film ini, Baron Hermanto sebagai pemeran utama beradu akting dengan Monique Henry dalam film berdurasi 101 menit ini.

Sebelumnya, Baron pernah bermain di film-film horor, di antaranya Paku Kuntilanak (2009), Tiran: Mati di Ranjang (2010). Kemudian Misteri Pasar Kaget (2012), Rasuk(2018) dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:   Cerita di Balik Filosofi 1.000 Kawan Terlalu Sedikit, 1 Lawan Terlalu Banyak Bagi Prabowo

Sementara itu, Monique Henry juga sering membintangi film-film horor sepanjang kariernya, seperti Kuntilanak Beranak (2009), Affair(2010), Pocong Jumat Kliwon (2010), Pantai Selatan (2013).

Para pemain lain yang ikut beradu akting dalam film Teluh, di antaranya adalah Daisy Brata, Farahdiba Ferreira, Ferdi Ali, Yati Pesek, P. Waluyo, Vanny Anggraini, Sungkar, dan Nadira.

Lembaga Sensor Film Indonesia (LSFI) mengklasifikasikan Teluh sebagai film kategori usia 17 tahun ke atas. Melihat trailer film yang diunggah, ada beberapa adegan yang tidak cocok untuk anak di bawah usia 17 tahun.

Lantas, berhasilkah keluarga Pak Indra menyelamatkan diri dari kutukan teluh yang dikirimkan kepada mereka? Semua itu bisa disaksikan dengan menonton filmTeluh yang mulai tayang di bioskop pada 20 Januari 2022 ya Parents!

Artikel Terkait