Gerindra Usul Makan Siang Gratis Masuk Kurikulum Merdeka Belajar

FTNews – Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Sodik Mudjahid, mengusulkan agar program makan siang gratis masuk dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

“Apakah integrasi dengan program Merdeka Belajar? saya kira integrasi. Tapi kita harus merancang dengan sangat terformulasi dengan baik, dengan efektif, langkah-langkah atau kebiasaan-kebiasaan atau pendidikan di balik program makan siang ini,” kata Sodik, Jumat (8/3).

Dalam pernyataannya, ia memastikan bahwa program makan siang gratis tidak akan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Tim kami sudah menghitung bagaimana 400 triliun itu. Bisa dibiayai dari sektor-sektor lain, dibiayai oleh APBN tanpa mengganggu Dana BOS itu,” paparnya.

Sebagai penggantinya, dana untuk program tersebut akan diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tanpa mengurangi dana yang telah dialokasikan untuk BOS.

“Ini sebagai langkah bijak untuk menjaga keberlanjutan program dan memastikan tidak terganggunya sumber daya yang sudah diarahkan untuk pendidikan,”ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga menyatakan bahwa program makan siang gratis akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya program ini,n akan ada 48 ribu dapur yang menyerap sekitar 2,4 juta tenaga kerja. Usulan ini mempertimbangkan anggaran pendidikan Rp 400 triliun yang dapat membiayai program makan siang gratis tanpa mengganggu dana Bos,”jelas Sodik.

Artikel Terkait