Heboh Qris Palsu, DPR Usul Menag Terbitkan Maklumat

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf mendorong Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan maklumat kepada masyarakat usai terbongkarnya kasus Qris palsu di sejumlah masjid di Jakarta.

“Langkah yang paling konkrit untuk bisa dilakukan sekarang adalah dengan mengeluarkan maklumat kepada masyarakat agar lebih berhati-hati memanfaatkan Qris untuk sedekah,”kata Bukhori dalam keterangan resminya, Rabu (12/4).

Sementara untuk para pengurus masjid dan lembaga-lembaga lain penerima Ziswaf lanjutnya,  juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap modus Qris palsu.

Dirinya juga meminta Kemenag  untuk proaktif dan meningkatkan koordinasi dengan kepolisian dalam melakukan upaya pengamanan sedekah masyarakat.

“Kami mendorong Kemenag, utamanya Dirjen Bimas Islam untuk proaktif bekerja sama dengan Polri melakukan upaya pengamanan sedekah masyarakat agar tepat sasaran dan mengantisipasi modus penipuan serupa sehingga dana sosial yang semestinya diperuntukan untuk tujuan sosial-keagamaan tidak disalahgunakan,”paparnya.

Sebelumnya, polisi berhasil membongkar modus QRIS palsu di sejumlah kotak amal masjid di Jakarta.

Kejahatan itu terungkap melalui tayangan CCTV yang memperlihatkan pelaku mengganti kode QRIS kotak amal masjid dengan rekening pribadi. Dan pelaku pun kini telah dibekuk pihak berwajib.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...