“Heroik” Single Terbaru Efek Rumah Kaca, Kritik untuk Para Pahlawan Kesiangan

Forumterkininews.id, – Jakarta Band indie asal Jakarta yang dikenal cukup kritis terhadap isu isu sosial Efek Rumah Kaca (ERK) merilis single terbaru mereka berjudul “Heroik” pada Jumat, 9 September 2022 lalu. Beat musik yang terbilang cukup cepat dicampur distorsi gitar dan suara khas sang vokalis cukup menunjukkan perbedaan dibanding album sebelumnya

Band yang beranggotakan Cholil Mahmud, Poppie Airil, Akbar Bagus Sudibyo, dan personil baru mereka Reza Ryan mengatakan “Heroik adalah kekesalan kami atas heroisme kosong dan penuh pamrih yang terang terangan di pertontonkan” (10/9)

Dalam postingan instagram resminya, Efek Rumah Kaca menanyakan sebuah pertanyaan “Capek banget gak sih sama aksi aksi heroik penuh pamrih?” dan juga di selipi gambar – gambar postingan isu berita yang terkait dengan pahlawan kesiangan seperti Baim wong yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week dan Putri Chandrawati yang tidak tahan karna masih mempunyai anak balita dan beberapa isu yang sedang hangat pada saat ini.

Ditulis langsung oleh sang vokalis Cholil Mahmud yang juga sudah menjadi bagian dari KontraS. “Heroik” masih jadi lagu bertema kritik sosial lainnya yang dikemas dengan ciamik oleh ERK. Masuknya Reza Ryan memberikan warna musik yang berbeda dari lagu – lagu sebelumnya, ERK tetap dengan roots mereka di single terbarunya dengan lirik lirik yang ciamik.

“Kau kesiangan

Kau kesiangan

Delusional”

Sekilas pada bagian lirik ini merupakan sentilan terhadap aksi – aksi sosok pahlawan kesiangan yang haus pujian dengan pemberian yang manipulatif. Dan seolah olah menjadi penyelamat yang juga dipertontonkan ke masyarakat

Perilisan lagu ini juga hadir pada momentum yang tepat. Dimana sedang terjadi kegaduhan akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:   Flipside di Instagram, Anak Bisa Luput dari Pengawasan Orang Tua

Lagi dan laginya mereka dalam mengangkat isu isu sosial dalam lagunya menunjukan kekonsistenan mereka. Terutama dalam keresahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Artikel Terkait