IKN Bakal Punya Rumah Sakit Ramah Lingkungan, Ada “Healing Garden”

Forumterkininews.id, Jakarta -Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur bakal memiliki rumah sakit berkonsep ramah lingkungan. Targetnya rumah sakit ini akan beroperasi pada semester II 2024.

Hal itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampaikan saat peletakkan batu pertama (groundbreaking) rumah sakit. Investor swasta akan membangun rumah sakit itu.

“Dan kita harapkan nanti semester kedua tahun 2024 siap beroperasi dan memberikan pelayanan pada ibu dan anak, penanganan kegawat-daruratan, jantung, stroke, emergency dan orthopedic,” kata Jokowi di IKN, Rabu (1/11).

Jokowi mengatakan, RS kedua yang akan pemerintah bangun di IKN tersebut akan menjadi rumah sakit dengan konsep ramah lingkungan. Hal ini akan mendukung percepatan dan pembangunan IKN sebagai ibu kota pertama di dunia dengan konsep kota hutan (forest city).

Nantinya, 20 persen dari total luas lahan RS merupakan area hijau. Lengkap dengan fasilitas healing garden.

“Dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien. Jadi kalau pasien sakit di sini, lihat kanan hijau, kiri hijau, ke depan hijau, ke luar ruangan hijau, cepat sembuhnya,” imbuh Jokowi.

Presiden meminta investor Mayapada itu benar-benar memberikan contoh rumah sakit ramah lingkungan. Hal itu dapat dilakukan dengan optimalisasi penggunaan teknologi dan efisiensi penggunaan air dan energi.

“(Serta) memaksimalkan cahaya matahari. Membangun sistem daur ulang air limbah yang baik. Menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali,” paparnya.

Lebih lanjut, Presiden juga mengingatkan agar sistem layanan yang baik juga harus terbangun untuk pasien peserta BPJS Kesehatan.

Jokowi berharap jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri semakin berkurang. Menurut Jokowi, hampir dua juta masyarakat Indonesia setiap tahunnya berobat ke luar negeri.

BACA JUGA:   Anak Perlu Tahu, Jadi Pelaku Perundungan Bisa Dihukum

“Hampir lebih dari Rp100 triliun, setiap tahun masyarakat kita membawa uang ke luar negeri untuk berobat,” imbuh Jokowi melansir Antara.

Artikel Terkait