Ingin Ganti Baterai Mobil Listrik? Ini Harganya!

Forumterkininews.id, Jakarta – Baterai mobil listrik merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan listrik. Pengguna harus tahu harga baterai mobil listrik pengganti.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, harga baterai untuk kendaraan hybrid Toyota berkisar antara Rp30 juta hingga Rp40 juta. Sementara, harga ganti baterai mobil listrik mencapai sepertiga atau setengah dari harga mobil.

Harga baterai mobil listrik, kata Anton, masih sangat tinggi. Ini lantaran biaya bahan baku yang belum stabil dan butuh teknologi kompleks dalam proses produksi.

Produksi baterai yang belum masif juga menjadi salah satu faktor. Semakin banyak baterai yang diproduksi, semakin rendah biayanya.

Kemudian, baterai kendaraan listrik bisa bertahan sampai 10 tahun. Namun, hal ini bergantung pada pemakaian pengemudi. 

“Rata-rata umur baterai 10 tahun, namun bisa lebih, tergantung pemakaian,” jelas Anton, dikutip Antara, Rabu (25/10).

Umur baterai mobil listrik juga merujuk pada seberapa lama baterai bisa menyimpan dan melepaskan energi.

Selanjutnya, Anton mencontohkan Jepang sebagai negara yang bisa menekan harga baterai mobil listrik. Harga ganti baterai mobil listrik bisa murah karena Jepang mengolah baterai rusak untuk didaur ulang (refurbished).

“Di Jepang modelnya sudah banyak baterai itu didaur ulang, jadi dari baterai-baterai rusak itu selnya diambil diolah dan dijual lagi menjadi baterai refurbished, harganya bisa jauh lebih murah,” ujar Anton.

Harganya bisa lebih murah 50 persen dari baterai baru, serta kapasitas baterai maksimum yang masih sangat layak pakai, yakni sekitar 75 persen atau lebih.

Artikel Terkait