Ini 5 Manfaat Belajar Ilmu Parenting Sebelum Menikah

Forumterkininews.id, Jakarta – Ilmu parenting adalah ilmu yang mempelajari cara mengasuh, mendidik, dan membimbing anak dengan baik dan benar. Dan belajar artinya mempersiapkan diri kita ketika nanti memiliki anak.
Untuk memahami suatu hal, terkadang kita perlu mempraktekan terlebih dahulu agar paham dan merasakan bagaimana melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan mempelajari ilmu parenting, meski kita belum menikah, belajar menjadi orang tua tidak ada batasan umur. Tidak perlu menunggu kita punya anak dulu, misalnya.
Memperhatikan lingkungan yang krisis moral membuat geleng kepala kian menjadi, sebab anak-anak di bawah umur sekarang sudah mampu mengatakan hal yang tidak senonoh. Barangkali kebiasaan inilah yang menjadi perhitungan, untuk mengupas betapa pentingnya mengajarkan anak di usia emasnya. Di mana mereka merekam dan mencontoh perilaku yang terpampang di hadapannya).
Meski adakalanya ketika anak sudah bersekolah, pergaulan mereka berada di luar kontrol orang tua. Oleh karena itu, agar anak tidak terpengaruh, maka tentu ada cara pencegahannya. Yakni dengan pembekalan sejak dini pada orang tuanya.
Hal ini nyatanya masih luput dari para orang tua untuk membekali anaknya, selain materi, anak juga perlu bekal berupa moral yang nantinya si anak bawa di mana pun berada.
Untuk mengajari anak, artinya kita (orang tua) harus belajar terlebih dahulu, mengetahui cara-cara untuk membekali anak dengan cara yang baik. Hal ini juga menjadi dasar pemahaman, bahwa belajar ilmu parenting harus dimulai sebelum kita punya anak, atau bahkan sebelum menikah, karena banyak sekali hal-hal yang perlu disiapkan untuk membangun rumah tangga.
Dilansir dari riliv.com ada banyak manfaat belajar ilmu parenting sebelum menikah yang perlu diketahui, antara lain adalah:
Menambah pengetahuan baru

Saat mempelajari suatu hal, pasti kita mendapat pengetahuan baru, begitu pula dengan belajar ilmu parenting. Orang tua adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Pola asuh yang baik berpengaruh pada tumbuh kembangnya anak. Secara langsung, ilmu parenting memberikan pengetahuan baru, mulai dari mengajari sampai mengontrol emosi anak.

BACA JUGA:   5 Olahraga di Luar Ruangan Ini Bisa Atasi Nature Deficit Disorder
Mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik

Mengajarkan anak artinya kita siap terjun bersama mereka untuk memberikan contoh secara langsung bagaimana cara berperilaku dengan baik. Oleh karena itu, dalam hal ini butuh persiapan yang harus direncanakan dari sebelum memiliki anak.

Meningkatkan kesadaran untuk belajar ilmu parenting

Wajar jika kamu dan pasangan belum terlalu peduli menjadi orang tua jika anak belum hadir di tengah-tengah kalian. Tapi, hal tersebut harus dipupuk sejak dini sehingga nanti tidak kaget begitu sudah jadi orang tua.Nah, di sinilah manfaat ilmu parenting akan kita rasakan. Dengan mempelajari hal tersebut, bahkan sejak belum memiliki anak, kesadaran sebagai orang tua akan diasah dan ditingkatkan.

Mempersiapkan mental sebagai orang tua

Manfaat lain dari belajar jadi orang tua sejak dini akan membuatmu dan pasangan lebih siap secara mental sebagai orang tua. Ini yang sering dilupakan banyak orang tua. Memiliki keterampilan mengasuh anak tanpa mental yang sudah siap, bisa berbahaya untuk orang tua dan juga anak.Itulah mengapa ilmu parenting sangat penting dipelajari sebelum memiliki anak agar mental sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum anak lahir ke dunia.

Belajar mengatur keuangan sebagai orang tua

Banyak orang tua yang bilang mengasuh anak biayanya sangat mahal. Ini memang sesuai dengan kenyataan. Itulah mengapa orang tua harus belajar mengatur keuangan sebagai orang tua, bukan lagi hanya sebagai pasangan suami istri.Meski sering terlupakan, tapi belajar mengatur keuangan juga merupakan salah satu hal penting yang harus disiapkan calon orang tua.

Artikel Terkait

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...