Ini Alasan Anies Bawa Tanah Kampung Aquarium ke IKN

Forumterkininews.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara saat mengikuti agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tanah itu akan disatukan dengan tanah dari 33 provinsi lainnya dalam ritual Kendi Nusantara.

Kampung Akuarium memiliki rekam jejak panjang dalam pembangunan serta peralihan kepemimpinan di ibu kota. Lebih lanjut Anies berharap pembangunan ibu kota baru tidak menyingkirkan rakyat kecil.

“Tanah dari Kampung Aquarium ini menitipkan harapan bahwa pembangunan kota baru ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan memberikan kemajuan serta kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan,” tulis Anies di akun Twitter miliknya, Minggu (13/3).

Tanah Kampung Akuarium yang dibawa Anies untuk IKN Nusantara dicangkul dan dikumpulkan oleh ibu-ibu warga setempat. Anies di akun Twitter miliknya menyertakan video yang merekam para ibu saat mencangkul dan mengumpulkan tanah Kampung Akuarium.

Semua gubernur yang diundang Presiden Jokowi ke IKN diminta membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing. Namun Anies tidak menjelaskan air yang dibawa untuk IKN.

Tanah dan air itu akan digunakan untuk ritual Kendi Nusantara yang digelar hari ini bersama Presiden Jokowi.

Artikel Terkait