Ini Arti Kata “Sengkuni” yang Viral Dibahas Netizen TikTok

FTNews – Belakangan ini di beranda media sosial TikTok banyak bersliweran potongan video yang membubuhkan kata “Sengkuni” di dalamnya. Kata itu kian viral usai berlangsungnya debat ketiga capres pada Minggu, (7/1) lalu.

Awal mula kata Sengkuni ramai jadi perbincangan, tepatnya setelah potongan video capres nomor urut 1 Anies Baswedan menampilkan mimik wajah dan pandangan mata yang kesal dengan pernyataan capres lain.

Lalu, apa sih arti kata Sengkuni itu sebenarnya?

Melansir berbagai sumber, Sengkuni ternyata merupakan nama salah satu tokoh di cerita pewayangan Mahabharata. Yang mana, dalam kisah Mahabharata ia adalah sosok yang memiliki karakter licik, jahat, suka adu domba dan banyak taktik.

Ia juga dikisahkan sebagai salah satu elite di kerajaan Hastinapura pada masa pemerintahan Kurawa. Secara silsilah, Sengkuni adalah kakak kandung dari Dewi Gandhari, istri dari Prabu Drestarasta yang merupakan raja Hastinapura. Yang sekaligus orang tua dari Duryodana dan para Kurawa.

Sehingga, ia adalah paman Duryodana dan saudaranya yang berjumlah 99 itu.

Dikisahkan, karakter jahat Sengkuni bermula saat sang adik yakni Dewi Gandhari, memintanya untuk bisa menjadikan Duryodana sebagai penguasa Hastinapura menggantikan ayahnya, Drestarasta.

Oleh sebab itu lah, apa pun akan ia lakukan demi menjadikan keponakannya tersebut orang nomor satu di Hastinapura.

Termasuk, melakukan perbuatan jahat kepada 5 putra pandu (Pandawa 5) yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Salah satu keberhasilan politik kotor  Sengkuni adalah saat ia berhasil membuat para Kurawa merebut kekuasaan Pandawa di Indraprastha. Yakni dengan menggunakan permainan dadu yang licik.

Dalam permainan itu, ia yang banyak taktik, melakukan kecurangan sehingga membuat Pandawa kalah. Atas kekalahan Pandawa dan kemenangan untuk Kurawa, terjadilah peristiwa menyakitkan yang dialami Drupadi (Istri Pandawa 5). Yang mana, Drupadi menjadi taruhan dari permainan dadu akal-akalan Sengkuni itu.

BACA JUGA:   Viral Tantri Kotak Jatuh dari Panggung Gegara Ditarik Penonton, Ini Faktanya

Tak sampai di situ, ia adalah dalang di balik berlangsungnya perang Baratayudha yang sangat dahsyat. Yakni perang saudara  antara Pandawa melawan Kurawa.

Artikel Terkait

Wuih, Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Thailand

Raffi Ahmad baru saja mendapat gelar kehormatan dari Thailand....

Bakal Balik Laporkan Temannya, Chikita Meidy: Jangan Ditantang-tantang Lah

Chikita Meidy kecewa dilaporkan teman sekaligus rekan bisnisnya ke...

Dilaporkan Rekan Bisnis, Chikita Meidy Kecewa: Terdengar Lucu Ya

Chikita Meidy kaget dilaporkan atas dugaan kasus pencemaran nama...

Ngaku Sakit hingga Tak Bisa Diperiksa atas Laporan Nikita Mirzani, Vadel Badjideh Diledek Takut

Vadel Badjideh dijadwalkan menjalani pemeriksaan atas laporan Nikita Mirzani...