Ini Cara Buat Ubtan Kulit Jeruk Untuk Membuat Wajah Cerah

FTNews – Setelah mengonsumsi jeruk, kita sering kali membuang kulitnya ke tempat sampah. Padahal, kulit jeruk dapat dibuat ubtan yang membuat wajah cerah.

Ubtan berasal dari kata Sansekerta “Udvartana” yang berarti membersihkan dan mempercantik tubuh. Ubtan adalah pasta Ayurveda untuk pengobatan kuno yang telah digunakan selama berabad-abad di India, Pakistan, dan negara-negara Asia Selatan lainnya selama ritual suci, khususnya pernikahan.

Ramuan ini biasanya terdiri dari campuran bahan-bahan alami seperti kunyit, tepung buncis (tepung gram), susu, yogurt, dan berbagai bumbu atau rempah menjadikan ubtan untuk wajah tepat untuk membuat wajah cerah.

 Membuat Wajah Cerah
Foto: Pexels

Fakta bahwa kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan kuat lebih banyak daripada buahnya. Sehingga, dapat mengatasi kulit kering. Ini tertuang dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Ekstrak Etanol Kulit Jeruk Siam (Citrus nobilis var. microcarpa) terhadap Uji Stabilitas Fisik dan Kelembaban Kulit pada Sediaan Lotion”.

“Kulit jeruk dapat digunakan bersama bahan dapur lainnya untuk membuat lip balm, masker wajah, pembersih yang membantu memberikan kulit lembut dan bercahaya alami. Kulit dengan ketidakseimbangan kapha dan pitta (kulit berminyak) merespon dengan baik terhadap penggunaan kulit jeruk. Ini menyeimbangkan minyak kulit dan membuat kulit halus dan lembut”, kata Dr Nivedita Dadu, dokter spesialis kulit, rambut, kulit kepala, dan kuku.

Membuat Wajah Cerah
Foto: Pexels

Manfaat Kulit Jeruk untuk Membuat Wajah Cerah

  • Membersihkan Kulit

Kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Mereka dapat menekan peradangan seperti sumber alami indometasin, obat anti-inflamasi. Selain itu, flavonoid dalam kulit jeruk diketahui dapat menembus selaput dan menyembuhkan peradangan.

  • Hilangkan Sel Kulit mati

Kulit jeruk dapat membuat wajah cerah. Sebab, dapat menjadi agen eksfoliasi efektif yang membantu menghilangkan komedo dan membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

  • Mencerahkan 

Kulit jeruk dapat mendorong wajah bersinar cerah dan membantu meringankan bintik hitam. Jika kamu memiliki bekas jerawat, bintik hitam atau bahkan pigmentasi, kandungan asam sitrat yang kaya dalam bubuk kulit jeruk akan mengatasi masalah tersebut.

  • Menunda Penuaan

Bubuk kulit jeruk mengandung cukup kalsium yang memperbaharui dan meregenerasi kulit dan membuat wajah cerah. Ia juga dikenal untuk mengatur produksi sebum, sehingga menghilangkan kelebihan minyak pada kulit.

BACA JUGA:   Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi, Agar Selalu Awet Muda

Ini melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari dengan sifat anti-inflamasinya. Selain itu, dapat membuat kulit lebih kencang dan elastis dengan meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian, membalikkan efek penuaan.

 Membuat Wajah Cerah
Ilustrasi ubtan kulit jeruk. Foto: Gharpar

Cara Mengeringkan Kulit Jeruk untuk Ubtan

  1. Keringkan kulit jeruk di atas kertas roti dan biarkan dalam ruangan
  2. Keringkan dalam waktu 3 hingga 6 hari untuk mengeringkannya secara merata.
  3. Setelah kering, giling hingga menjadi bubuk halus. 
  4. Lalu, masukan gilingan kulit jeruk ke dalam stoples kaca.
  5. Simpan campuran ini di lemari es hingga satu bulan.

Cara Membuat Ubtan Kulit Jeruk untuk Membuat Wajah Cerah

  1. Ambil satu sendok teh bubuk kulit jeruk ke dalam mangkuk pencampur.
  2. Tambahkan 2 sendok teh susu mentah ke dalamnya.
  3. Tambahkan sejumput kunyit untuk mendapatkan manfaat antioksidan ekstra
  4. Campur semuanya untuk digabungkan.
  5. Diamkan selama 5 menit agar adonan mengental.
  6. Oleskan lapisan tipis ubtan ini pada kulit.
  7. Biarkan setengah kering selama 8-10 menit.
  8. Sekarang, gosok perlahan dengan gerakan memutar seperti scrub.
  9. Gosok ubtan dari kulit sepenuhnya.
  10. Bilas dengan air hangat.

Artikel Terkait