Mudah Dicari! Ini Bahan Rumahan untuk Mengatasi Bibir Kering

FTNews – Peralihan cuaca yang saat ini terjadi dapat berdampak pada kesehatan tubuh, salah satunya bibir.  Akibatnya, seringkali kita mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Namun kamu tidak perlu khawatir, bahan alami ini dapat mengatasi bibir kering.

Selain perubahan cuaca, bibir kering juga disebabkan oleh dehidrasi tubuh dan kurangnya vitamin. Bibir pecah-pecah sampai kering dapat mengakibatkan pendarahan. 

Mengatasi Bibir kiring
Foto: Freepik

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki tekstur lembut dan bersifat anti-radang. Oleh karena itu, tumbuhan ini ideal untuk kondisi kulit seperti bibir pecah-pecah. 

Hal ini sesuai dengan penelitian yang terbit dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung polisakarida dan hormon pertumbuhan yang membantu luka cepat sembuh dan mengatasi bibir kering.

Cara Pemakaian: Keluarkan gel dari daun lidah buaya dan simpan dalam wadah. Oleskan pada bibir setidaknya 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasilnya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi bibir kering, karena efek melembabkannya akibat senyawa emolien. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung sifat antibakteri dan desinfektan yang juga dapat mencegah infeksi.

Cara Pemakaian: Oleskan minyak kelapa pada bibir menggunakan kapas. Pijat bibir selama 1 menit dan biarkan. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada malam hari dan membiarkannya semalaman untuk hasil terbaik.

Mengatasi Bibir kering
Foto: Health Shot

Madu

Madu dapat menghidrasi dan mengatasi bibir kering. Sebab, madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang terkandung dalam bahan ajaib ini dapat melindungi bibir kamu dari pecah-pecah dan infeksi. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine.

Cara Penggunaan: Oleskan sedikit madu pada bibir kamu, dan biarkan selama 20-30 menit. Pijat bibir dengan gerakan memutar lalu bersihkan.

Ghee

Ghee memiliki kandungan yang dapat mengatasi bibir kering. Ghee disebut juga sebagai minyak samin, merupakan jenis mentega yang dijernihkan. Kandungan air dan padatan susu dalam ghee sangat rendah, sehingga berupa lemak murni. Oleh karena itu, ghee mengandung vitamin A, antioksidan, kandungan lemak yang dapat melembabkan kulit bibir secara alami.

BACA JUGA:   Kenali Bahaya Hilangkan Rambut dengan Laser

Cara Pemakaian: Oleskan ghee langsung pada bibir menggunakan jari. Biarkan selama 15-20 menit setelah aplikasi, sebelum dikeluarkan. Lakukan ini setidaknya sekali sehari.

Artikel Terkait