Ini Dia! Sosok Pemain eTimnas Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023

FTNews – Nama Indonesia kembali harum, setelah tiga pemudanya berhasil menjuarai AFC eAsian Cup 2023. Para pemain tersebut yakni, Akbar Paudie, Elga Cahya Putra, dan Rizky Faidan. Mereka menang laga final esport lawan Jepang 2-0 dalam dua babak.

Skuat eTimnas tersebut menjalani ajang bergengsi itu di Virtuocity Arena, Doha. Mereka memiliki kemampuan yang sudah terlatih dalam waktu panjang. Sehingga mereka bisa bermain kompak. Berikut merupakan sosok tiga pemuda Indonesia yang berprestasi dalam ajang tersebut.

Elga Cahya Putra

Pemain eTimnas Indonesia, Elgan Cahaya. (Foto:Instagram/elgacahyaputra19)

Elga merupakan atlet asal lampung kelahiran 19 November 1997. Ia sudah memulai karirnya sebagai pro player esport e-Football sejak tahun 2018.

Pria 26 tahun tersebut mulai terdengar namanya saat bergabung dengan Madura United saat ajang Indonesia Football e-League (IFEL) tahun 2020.  Namun dalam ajang tersebut ia masih belum menorehkan prestasi.

Kemudian Elga pindah ke Borneo FC dan bermain ajang IFEL 2021. Elga bertemu dengan Rizky Faidan dalam partai final serta kalah. Tetapi ia berhasil meraih gelar runner-up.

Lalu, yang mengantarkan Elga hingga menjadi eTimnas yakni ketika tahun 2022 saat IESF 14th Bali World Championship. Elga mewakili Indonesia dan sukses merebut gelar juara. Tidak lama berselang satu tahun, ia merebut gelar juara IFEL 2023.

Rizky Faidan

Pemain eTimnas Indonesia, Rizky Faidan. (Foto:Instagram/rizkyfaidan)

Pemain eTimnas muda ini merupakan kelahiran Bandung 2 Maret 2003. Ia sudah menjalani karir sebagai atlet esport e-Football dalam waktu yang panjang.

Rizky sudah berkecimpung sejak tahun 2016. Namun, namanya baru naik daun tahun 2019 saat ajang PES League World Finals 2019 di London ia menjadi perwakilan Indonesia.

Kemudian ia memulai karir profesionalnya bersama PSS Sleman untuk bermain pada IFEL. Lalu, ia pertama kali meraih gelar juara pada ajang PON XX Papua 2021, Rizky menyabet medali emas.

BACA JUGA:   Powarnas 2022: Kontingen PWI DKI Jakarta Usung Kebersamaan

Di tahun yang sama ia juga menjadi juara IFEL 2021 membawa harum nama PSS Sleman. Lanjutnya, Rizky pada SEA Games 2021 ia juga menjuarai ajang tersebut. Sehingga mengantarkannya menjadi eTimnas Indonesia.

Mohamad Akbar Paudie

Pemain eTimnas Indonesia, Mohamad Akbar Paudie. (Foto:Instagram/akbarpaudie1)

Paudie salah satu atlet yang berpengaruh terhadap tim eTimnas Indonesia. Atlet asal Gorontalo ini memiliki prestasi gemilangnya saat menjuarai Piala Presiden 2021. Kala itu ia belum menjadi tim profesional masih bergabung dengan sebuah tim kecil dengan nama Badut Esport.

Kemudian karirnya berjalan baik setelah memulai bersama Persiraja Banda Aceh. Ia berhasil menjadi runner-up pada IFEL 2021. Langkahnya tidak terhenti di sana, Paudie bergabung bersama Bhayangkara FC.

Kemudian ia juga menjadi perwakilan Indonesia di Esports Dunia 2023 IESF 15th World Championship. Namun dalam ajang tersebut, ia belum berhasil menorehkan prestasi.

Artikel Terkait