Ini Standar FIFA untuk Tuan Rumah Piala Dunia

FTNews, Jakarta – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memiliki syarat tersendiri jika sebuah negara ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia. Berbagai syarat tersebut harus negara tujuan penuhi, mulai dari standar rumput, fasilitas hingga tribun.

Indonesia pada beberapa waktu lalu baru saja sukses melaksanakan ajang Piala Dunia U-17 2023. Pelaksanaan tersebut tentu sesuai dengan standar yang FIFA inginkan.

Pelaksanaan tersebut berlangsung di empat stadion ternama di Indonesia yakni, Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

Keempat stadion tersebut berhasil lolos melewati standar yang FIFA minta. Standar acuan tersebut yakni kapasitas tribun penonton minimal 40.000 dan harus memiliki atap pada setiap tribun tersebut.

Lalu, harus memiliki pencahayaan yang sesuai standar FIFA B. Serta bangku penonton bisa diubah menjadi seating.

Lapangan untuk bermain berukuran sekitar, 105 m x 68 m dengan jenis rumput Reinforced grass. Dan memiliki bench untuk tim dengan kapasitas 2×23 pax.

Selain itu juga harus memiliki tempat untuk tim medis dan official masing-masing 1 bench. Area pemanasan pemain sekitar 3×30 m.

Memiliki fasilitas ruang ganti pemain sebesar 2×80 m2. Tim medis sebesar 50 m2. Ruang kontrol doping 25 m2. Lalu, parkir bus tim untuk dua tim.

Dalam faktor keamanan, harus memiliki perimeter luar. Memiliki CCTV dengan jarak pandang ke seluruh sudut stadium. Tim medis juga harus tersedia pada setiap sektor.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...