Inovasi PT Pertamina: Hadirkan Platform E-Commerce untuk UMKM
Lifestyle

Kabar baik untuk pelaku usaha UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). PT Pertamina meluncurkan platform belanja (e-commerce) untuk pelaku UMKM. Platform tersebut merupakan upaya perusahaan mendukung pemberdayaan ekonomi lokal sekaligus memperluas akses pasar bagi UMKM.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya menjelaskan, kehadiran fitur itu merupakan bentuk inovasi Pertamina dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencari informasi sekaligus berbelanja produk UMKM binaan Pertamina yang terjamin kualitasnya.
"Dengan hadirnya layanan belanja UMKM di website korporasi, Pertamina bersama masyarakat turut berperan sebagai penggerak ekonomi lokal. Kami ingin UMKM binaan Pertamina mampu bersaing dan menjangkau konsumen di mana saja secara daring," ujar Fadjar.
Fitur belanja UMKM di website Pertamina yang dapat diakses melalui laman smexpo.pertamina.com, menyajikan ragam produk dari UMKM dari seluruh Indonesia dengan berbagai kategori, antara lain Souvenirs, Fashion, Food & Beverages, Agrobisnis, Craft, hingga Furniture.
Semua produk tersebut dikurasi agar memenuhi standar mutu, keaslian, serta kepercayaan pelanggan.
"Produk-produk UMKM yang ditampilkan dipilih dari berbagai daerah di Indonesia, menonjolkan kerajinan tangan lokal, pangan khas, hingga produk budaya yang tetap mempertahankan ciri khas daerah asalnya," kata Fadjar.
Selain menampilkan katalog produk-produk UMKM, fitur itu juga dilengkapi layanan Si Mina, karakter ikon Pertamina yang hadir sebagai asisten virtual melalui chat WhatsApp untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi.
"Pertamina terus memberdayakan UMKM agar dapat memperluas pasar secara nasional tanpa batasan geografis. Melalui website Pertamina, selain menyediakan informasi seputar perusahaan, kami juga mengedukasi masyarakat mengenai keunggulan produk-produk UMKM dari seluruh Indonesia," ucapnya.***