Jelang Lebaran 2023, Satpol PP Jaring Ribuan PPKS di Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebanyak ribuan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) dijaring tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta jelang Hari Eaya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan bahwa terdapat 2.086 PPKS yang terjaring oleh tim Satpol PP DKI Jakarta.

“Kalau untuk operasi PPKS, saya sampaikan juga bahwa jumlahnya sudah ada 2.086 orang,” kata Arifin, dalam keterangannya, pada Rabu (12/4).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa PPKS yang terjaring jelang Lebaran 2023 paling banyak yakni gelandangan dan pengemis.

“Paling banyak itu gelandangan dan pengemis. Sebanyak 584 orang (masing-masingnya) gelandang dan pengemis. Untuk mereka itu ada yang warga Jakarta dan ada yang non Jakarta,” ungkap Arifin.

Sementara itu saat ini PPKS yang terjaring tersebut telah diserahkan ke Dinas Sosial DKI Jakarta untuk dilakukan pendataan dan pembinaan lebih lanjut.

“PPKS yang dijangkau oleh Satpol PP kemudian diserahkan ke panti-panti sosial. Tentunya treatment Dinsos yang lakukan,” papar Arifin.

Kemudian Arifin mengungkapkan bahwa jumlah PPKS yang terjaring menjelang Lebaran 2023 ini mengalami penurunan dibanding hari biasa atau pada Ramadhan tahun sebelumnya.

Namun Ia tidak menjelaskan secara detail jumlah PPKS yang terjaring pada Ramadhan tahun 2022 lalu.

“Dibandingkan dengan tahun lalu, (PPKS yang terjaring) lebih sedikit yang sekarang. Ada penurunan (jumlah PPKS yang terjaring) malah. Karena memang di bulan Februari 2023 kita sudah lakukan penjangkauan,” ujar Arifin.

Artikel Terkait