Jokowi Kumpulkan Seluruh Pejabat TNI-Polri di IKN, Ada Apa?

FT News – Presiden Joko Widodo atau Jokowi datang ke Ibu Kota Nusantara (IKN), usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di sejumlah tempat di Indonesia.

Kamis (12/9/2024), Presiden Jokowi tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Jokowi akan langsung menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Dalam kedatangannya ke IKN, Jokowi mengumpulkan seluruh pejabat TNI-Polri, mulai dari Panglima TNI, Pangdam dan Dandim seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi tiba di Bandara Balikpapan. Ist

Sedangkan dari Polri mulai dari Kapolri, Kapolda, Kapolrestabes, Kapolresta seluruh Indonesia. Lantas, ada apa Jokowi mengumpulkan seluruh pejabat TNI-Polri di IKN?

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yuliyanto menjelaskan hal ini dalam rangka memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 yang akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN.

Kemungkinan, presiden akan menyampaikan pandangan strategis terkait keamanan dan stabilitas negara, sekaligus memberikan arahan khusus kepada institusi Polri dan TNI dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

“Selain itu, pengarahan ini juga menjadi wadah bagi para pimpinan Polri dan TNI untuk mendapatkan panduan dari presiden terkait langkah-langkah yang perlu diambil dalam menjaga keamanan nasional,” katanya.

“Terutama di wilayah-wilayah strategis seperti Ibu Kota Nusantara yang menjadi proyek besar pemerintahan Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Pengamanan Rombongan VVIP

Sementara, apel pemberangkatan dan pengamanan rombongan VVIP yang terdiri dari sebanyak 536 Kapolres, Kapolresta, dan Kapolrestabes se-Indonesia di Lapangan Apel Mapolresta Balikpapan.

Karo Binops Polri Brigjen Pol. Auliansyah Lubis bersama dengan Kabid Propam Polda Kalimantan Timur, memimpin apel sebagai bagian dari rangkaian kegiatan strategis pengamanan dan pengawalan rombongan pejabat kepolisian di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:   Ramai Tuai Pro Kontra, Mari Cek Fakta: Boleh Nggak Sih Presiden Ikut Kampanye?
Pengamanan kedatangan Presiden Jokowi di IKN. Ist

“Dalam apel ini, seluruh Kapolres/ta/tabes yang hadir akan bertolak menuju IKN menggunakan bus yang telah disiapkan untuk mengikuti arahan langsung dari Presiden Jokowi,” ungkap Yuliyanto.

Pemberangkatan ini melaksanakan dengan pengamanan yang ketat, mengingat pentingnya kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya koordinasi nasional dalam menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Nusantara.

Pengamanan dan pengawalan ini tidak hanya mencakup keselamatan rombongan, tetapi juga memastikan bahwa seluruh proses berlangsung sesuai dengan prosedur protokoler, baik di perjalanan maupun saat rombongan tiba di lokasi.

Kegiatan ini menunjukkan kesiapsiagaan Polda Kaltim dalam menjalankan tugas pengamanan VVIP serta mendukung program-program strategis pemerintah, khususnya terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara ke wilayah Nusantara.

Artikel Terkait