Joseph Suryadi Berbohong Soal HP Hilang, Polisi Miliki Bukti Rekam Jejak Digital

Forumterkininews.id, Jakarta – Joseph Suryadi tersangka kasus dugaan penistaan agama diduga berbohong soal telepon seluler (ponsel) yang hilang. Pasalnya, polisi menemukan rekam jejak digital di ponsel miliknya terkait dengan kasus yang menjeratnya itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan membenarkan ada pengakuan dari tersangka bahwa ponselnya hilang.

“Tapi hasil pemeriksaan bahwa rekam jejeak digital di HP tersebut yang merupakan milik tersangka itu memang terdapat kalimat-kalimat seperti yang dilaporkan terlapor yaitu melakukan penistaan terhadap suatu agama tertentu,” kata Zulpan kepada wartawan, Rabu (15/12/2021).

Mengenai motifnya, penyidik kata Zulpan penyidik masih mendalami. “Yang jelas pembuktiannya sudah masuk unsurnya itu adalah barang miliknya,” tandasnya.

Baca juga: Joseph Suryadi Ditetapkan Tersangka Penistaan Agama, Langsung Ditahan

Selain itu, lanjut dia bahwa penetapan tersangka melalui dua alat bukti yang sudah dimilik penyidik. “Sesuai dengan Pasal 184 KUHAP minimal dua alat bukti,” terang Zulpan.

Perwira melati tiga ini mengatakan, Joseph dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 Jo Pasal 45 ayat 1 dan atay Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan Pasal 156 KUHP dan Pasal 156 A KUHP. “Adapun ancaman hukuman adalah 6 tahun penjara,” ucapnya.

Untuk diketahui, media sosial sempat diramaikan dengan tagar #TangkapJosephSuryadi. Tersangka diduga telah menyebarkan sebuah gambar karikatur laki-laki dan perempuan yang disertai kalimat tidak pantas mengenai Nabi dan Aisyah.

 

 

Artikel Terkait