KAI Daop 1: Pemudik Tujuan Jawa Tengah Tercatat Paling Banyak

Forumterkininews.id, Jakarta – Ribuan pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (25/4). Menurut data PT KAI Daop 1 tercatat ada 15.100 orang yang berangkat mudik melalui Stasiun Pasar Senen.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan hari ini (Senin) secara keseluruhan di Stasiun Pasar Senen sendiri sudah mulai terlihat peningkatan.

Sementara itu, tujuan favorit keberangkatan kereta dari Stasiun Pasar Senen ada sembilan. Tujuannya yakni, Yogyakarta, Kutoarjo, Surakarta, Purwokerto. Kemudian Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

“Adapun syarat mudik dengan menggunakan kereta api mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No. 49 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Eva mengungkapkan tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih pemudik adalah 27, 28, 29, 30 April, dan 1 Mei 2022.

“Tanggal 27 April hingga 1 Mei tiket ini sudah full, sudah di pesan oleh masyarakat jauh-jauh hari,” ujarnya.

Mantan Presenter salah satu stasiun televisi swasta ini mengatakan, di Stasiun Pasar Senen terdapat 28 kereta api yang beroperasi. Jumlah tersebut bisa mengangkut volume penumpang sebanyak 15.100. Atau 74 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 20.500.

Eva mengungkapkan, sebanyak 297.800 tiket kereta api jarak jauh telah terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta untuk periode 22 April-1 Mei 2022. Area Daop 1 Jakarta yaitu, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

“Dengan keterisian tempat duduk 83 persen dari total tiket yang disediakan yakni 361.000 pada periode tersebut,” tuturnya.

Artikel Terkait