Kapolri Minta Jajaran Bantu Layani Kesehatan Petugas Pemilu 2024

FTNews – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan para personel Polri untuk memerhatikan kondisi petugas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bertugas di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Hal ini untuk mencegah terjadinya petugas yang sakit hingga meninggal seperti pada Pemilu 2019 lalu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa petugas yang perlu dapat perhatian tersebut meliputi petugas keamanan hingga Bawaslu.

“Kapolri memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri untuk membantu purna kondisi kesehatan petugas ketertiban pengamanan TPS, KPU, dan Bawaslu,” kata Trunoyudo, kepada wartawan, Kamis (15/2).

Trunoyudo mengungkapkan hal ini untuk meminimalisir terjadinya petugas jatuh sakit akibat kelelahan saat tengah bekerja sebagai tim Pemilu 2024.

“Diberikan layanan kesehatan guna antisipasi kelelahan melaksanakan tugas pengabdian demi demokrasi untuk masa depan bangsa,” jelas Trunoyudo.

Jamin Keamanan Pemilu

Sementara itu ia menuturkan bahwa Polri-TNI dan stakeholder terkait akan terus menjamin keamanan Pemilu 2024.

“Polri tetap akan jamin keamanan bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder terkait, keamanan merupakan harapan kita bersama dari seluruh elemen masyarakat,” ungkap Trunoyudo.

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto memastikan situasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan aman dan terkendali.

Hal ini mereka sampaikan saat melakukan Pengecekan Kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Lapangan Silang Monas, Rabu (14/2).

“Dan alhamdulillah sampai saat ini (Pemilu 2024) semuanya berjalan aman terkendali,” kata Listyo.

Kemudian ia mengatakan akan terus mengikuti seluruh proses rangkaian acara Pemilu 2024. Tetap melaksanakan antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Jenderal TNI Agus Subiyanto juga mengatakan personel TNI juga telah melangsungkan patroli di seluruh wilayah. Hal ini untuk memastikan keamanan saat Pemilu 2024.

BACA JUGA:   Profil Singkat Al Muktabar, Sekda Banten yang Pernah Berseteru dengan Wahidin Halim

“Dari tadi malam sudah patroli bersama di seluruh wilayah. Alhamdulillah aman,” ungkap Agus.

Sementara itu Agus menuturkan terdapat beberapa TPS yang terkendala akibat adanya masalah alam.

“Ada beberapa TPS yang susulan, seperti di Demak dan wilayah Indonesia yang kena bencana. Nanti akan dilaksanakan pencoblosan susulan atau relokasi wilayah,” papar Agus.

“Demikian juga yang ada di Jakarta juga Tangerang, karena hujan mungkin akan dilaksanakan relokasi,” lanjut Agus.

Artikel Terkait