Kasus Bertambah, Kemenkes Perlu Gencarkan Sosialisasi Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Jakarta- Kasus cacar monyet di Indonesia terus mengalami kenaikan jumlah kasus. DPR menyebut pemerintah harus lebih menggencarkan sosialisasi penyakit tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara masif memberikan pengetahuan untuk masyarakat. Menurutnya, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang akurat dan valid mengenai mulai dari antisipasi hingga penanganan kasus.

“Kasus ini sebenarnya tentu bisa segera dicegah karena ini menularnya kan harus bersentuhan, yah. Bukan virus seperti covid. Nah, saya menyarankan bagaimana sosialisasi ke masyarakat karena sekarang ini kan cacar monyet informasinya belum menyeluruh kepada masyarakat,”ujar Ninik dalam keterangannya, Rabu (1/11).

Ninik menyampaikan, masyarakat Indonesia butuh informasi yang valid terkait wabah penyakit tersebut agar tidak menimbulkan informasi simpang siur dan ketakutan.

“Saya pikir juga tenaga kesehatan, perlu paham betul dengan gejala cacar monyet ini. Apakah mereka sudah tahu betul secara umum bedanya penyakit ini dan bagaimana mereka memproteksi diri. Nah, ini yang harus Kemenkes sosialisasikan kepada tenaga kesehatan di bawah,” paparnya.

Ninik juga mendorong seluruh fasilitas kesehatan melakukan kewaspadaan dini. Komisi IX pun katanya, bakal menjadwalkan rapat khusus untuk membahas cacar monyet.

“Kita juga di Komisi IX akan segera menjadwalkan rapat tentang Kementerian kesehatan membahas cacar monyet ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kemenkes melaporkan jumlah terbaru kasus cacar monyet ada 27 kasus.

21 kasus terkonfirmasi berada di wilayah DKI Jakarta. Dan sisanya tersebar di Bandung, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...