Kebakaran Kilang Minyak di Dumai, Polda Riau Bakal Selidiki

Forumterkininews.id, Dumai – Polda Riau bakal mulai menyelidiki terkait kebakaran kilang minyak PT Pertamina di Dumai, Sabtu (1/4) malam WIB.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala Polda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal di Pekanbaru.

Dia menyampaikan pihaknya melalui Kepolisian Resor Dumai dan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Riau sudah melakukan langkah-langkah di lokasi sesaat setelah peristiwa ledakan kilang tersebut, terutama dalam hal upaya pencegahan dan antisipasi.

“Yang pertama soal pengamanan agar parameter aman itu terwujud dan seluruh masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Kedua melakukan penyelidikan mengapa hal itu bisa terjadi, kita akan selidiki dengan bekerja sama dengan berbagai pihak,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa tak berapa lama setelah ledakan kilan Pertamina itu, situasi dapat ditenangkan dan api berhasil padam tidak kurang dari 20 menit, selain pihaknya juga meyakinkan seluruh masyarakat yang terdampak bahwa situasi tersebut aman.

Dia menyebut setelah kejadian itu, terdapat laporan korban luka kategori ringan sebanyak sembilan orang, dan mereka sudah diberikan pelayanan intensif dan sudah boleh pulang ke tempat masing-masing, sehingga tak ada korban jiwa, namun ada beberapa kerusakan fasilitas.

“Kondisi masyarakat memang bergejolak. Namun dengan pendekatan yang baik dari Kapolres, Wali Kota Dumai, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sehingga warga kembali ke tempat masing-masing,” ujarnya.

Kebakaran tersebut sebelumnya disertai beberapa ledakan yang terdengar dari jarak hingga lebih 25 kilometer.

Ledakan itu juga berdampak pada sejumlah bangunan yang ada di sekitarnya. Antara lain rumah warga mengalami pecah kaca, dinding retak-retak dan plafon masjid berjatuhan.

Selain merusak bangunan, kebakaran juga mengakibatkan lima alami luka bakar. PT Pertamina akan bertanggung jawab atas dampak insiden tersebut.

Artikel Terkait