Kemensos Kirim Makanan hingga Matras untuk Korban Gempa Mamuju

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan berupa ratusan makanan hingga matras kepada korban gempa bumi Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6).

“Bantuan logistik sudah dikirim menuju lokasi terdampak gempa. Kita bergerak cepat agar bantuan segera diterima warga,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Risma menegaskan, personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Mamuju diturunkan sejak bencana terjadi dengan bantuan dari warga sekitar. Tagana membantu evakuasi penyintas bencana, terutama kelompok rentan. Dari lokasi kurang aman ke lokasi yang lebih aman. Kemudian juga membantu mendata dampak bencana dan menyalurkan bantuan logistik.

Bantuan logistik dikirim dari Gudang Regional Timur di Makassar dan Gudang Sentra Nipotowe di Palu pada hari yang sama.

Bentuk bantuan yang dikirimkan dari gudang regional timur Makassar yakni makanan siap saji 1.000 paket. Makanan anak 800 paket, lauk pauk siap saji 1.000 paket. Selimut merah 500 lembar, kasur 100 unit, sandang dewasa 100 potong. Kemudian velbed 100 buah set, tenda serbaguna keluarga 12 unit. Tenda keluarga 25 unit dan matras 100 lembar.

Dapur Umum dan Trauma Healing Disediakan

Menurut Risma, Kemensos sudah mengaktivasi dapur umum. Dimana dapur ini mampu memberikan 700 nasi bungkus per hari. Sementara untuk memberikan kenyamanan dan keamanan, tenda sudah didirikan dan dapat dimanfaatkan pengungsi.

“Pagi ini dilakukan pendirian tenda tambahan. Sementara ini, terdapat sekitar 1.100 jiwa masyarakat mengungsi di Stadion Manakarra,” ujar dia.

Lebih lanjut tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk mengatasi dampak psikologis yang dihadapi korban juga disediakan di lapangan. Dirinya juga menyatakan Kemensos akan terus menunggu dan merespon cepat laporan resmi dari pemerintah daerah. Terutama terkait jumlah korban luka atau meninggal dunia.

BACA JUGA:   Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Kepulauan Mentawai

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,8 mengguncang Mamuju pada Rabu sekitar pukul 12.32 WIB. Lokasi titik gempa berada di koordinat 2,74 derajat Lintang Selatan dan 118,54 derajat Bujur Timur dengan pusat gempa berada di 43 kilometer arah barat daya Mamuju di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Artikel Terkait