Kesbangpol Medan Buka Suara Soal Foto Anggota Paskibraka Pamer Miras

FTNews.co.id, MEDAN – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Medan, Andy Mario Siregar, buka suara soal beredarnya foto dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bernarasi pamer minuman keras (miras).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, foto dua anggota Paskibraka Medan yang sedang memegang botol minuman alkohol dan gelas ini beredar di media sosial (Medsos). Kedua anggota Paskibraka tersebut tampak mengenakan kemeja warna dengan corak batik.

Keduanya tampak berfoto ria sambil memegang botol miras dan gelas berisi miras. Foto ini kemudian beredar di medsos. Menurut Andy, pihaknya telah memanggil kedua orang anggota Paskibraka yang fotonya terpampang tersebut.

“Sudah kita panggil untuk klarifikasi,” katanya Kepala Kesbangpol Medan ketika dihubungi wartawan, Selasa (20/8/2024).

Andy menjelaskan dari pemeriksan terungkap kalau dua orang anggota Paskibraka berfoto saat liburan di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), usai bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2024 silam.

Hanya Gagah-gagahan Saja

Ia menampik kedua anggota Paskibraka tersebut menenggak miras. “Hasil klarifikasinya, hanya gagah-gagahan untuk foto lalu di-upload ke instagram,” ungkap Andy.

Lebih lanjut Andy mengatakan Paskibraka tersebut berada di Berastagi, usai melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih, usai Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus silam.

Ia pun menampik kalau Wali Kota Medan Bobby Nasution yang memberikan liburan kepada anggota Paskibraka Medan tersebut.

“Bukan Pak Wali yang memberikan liburan, untuk inisiatif kita dari Kesbangpol,” tukasnya.

Diketahui, Paskibraka merupakan kelompok pemuda dan pemudi yang bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Anggota Paskibraka terdiri dari pelajar terbaik yang terpilih melalui seleksi ketat di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Selain tugas pengibaran bendera, Paskibraka juga berfungsi sebagai kader bangsa yang dilatih untuk memiliki karakter dan kepemimpinan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

BACA JUGA:   PB PON XXI Sumut: Listrik, Air, Internet harus Aman Saat PON Digelar

Oleh sebab itu, anggota Paskibraka sendiri tidak diperbolehkan mengonsumsi minuman keras. Kode Etik Purna Paskibraka Indonesia menekankan nilai-nilai seperti kepatuhan terhadap Pancasila, kesadaran berbangsa, dan pembinaan karakter. 

Konsumsi minuman keras bertentangan dengan prinsip-prinsip tersebut, yang mengutamakan kesehatan, disiplin, dan tanggung jawab.

Oleh karena itu, anggota Paskibraka diharapkan menjaga perilaku yang mencerminkan citra positif sebagai duta bangsa, termasuk menjaga sikap dan menjauhi minuman beralkohol ataupun miras.

 

Artikel Terkait