Kesepian, Musuh Tertua Manusia

FTNews – Terkadang kita pernah merasa tidak memiliki siapa-siapa di dunia ini. Perasaan ini bukan sebuah perasaan yang baik karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

Kesepian menjadi salah satu permasalahan utama bagi manusia dan salah satu permasalahan yang sudah ada sejak adanya manusia. Manusia remaja dengan usia 16 – 24 tahun sangat rentan dengan kesepian.

Berdasarkan jurnal National Library of Medicine, kesepian memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik dan mental manusia.

Di kalangan remaja dan dewasa muda, penyakit ini sangat rentan terjadi. Permasalahan seperti defisiensi imun, kurang tidur, stres, depresi, kecemasan, dan banyak kondisi lainnya dapat datang  jika mengalami kesepian.

Hasil penelitian menyatakan bahwa banyak partisipan penelitian merasa bahwa mereka merasa tidak dianggap, dimengerti, atau takut akan dinilai negatif oleh orang lain. Selain itu, tekanan sosial dan media sosial berperan sangat besar dalam permasalahan ini.

Mereka menggunakan media sosial untuk “berbohong” akan kehidupannya agar orang lain dapat “menerima” mereka.

“Terkadang, meskipun ketika semua orang ada di sekitarku, aku kesulitan untuk terbuka tentang diriku, aku merasa seolah-olah mereka akan menghakimi dan menghakimiku dengan cara yang sama. Apa yang aku katakan, apakah itu dapat diterima secara sosial, bagaimana aku bisa melakukan ini, jadi terkadang Aku menyimpannya dalam botol dan menyimpannya untuk diriku sendiri…” ungkap seorang responden perempuan berusia 22 tahun dalam riset itu.

Perasaan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan permasalahan diri sendiri salah satu alasan mengapa seseorang dapat merasa kesepian. Selain itu, perasaan bahwa diri mereka tidak penting dan merasa tidak dapat dimengerti adalah penyebab kesepian.

Beberapa Cara Mengatasi Kesepian

Kesepian adalah sebuah permasalahan yang cukup rumit. Akan tetapi, untuk keluar dari perasaan itu, bergantung dengan keinginan kita untuk menjadi lebih baik. Berikut beberapa cara untuk mengatasi kesepian.

  1. Memahami apa yang kalian rasakan sekarang.
    Terkadang memang sulit bagi kita untuk mengakui bahwa kita merasa kesepian. Memahami dan mengakui bahwa kita berada di dalam kondisi ini adalah sebuah langkah awal untuk mengatasi kesepian.
  2. “Basa-basi” itu penting.
    Basa-basi seperti mengucapkan “selamat pagi” saat berjalan ke kantor atau sekolah juga dapat membantu. Melakukan hal ini dapat membangun rasa percaya diri.
  3. Memiliki hobi.
    Lakukan sesuatu yang membuat diri kita merasa senang. Setelah itu, kita dapat membaur dengan mudah ke dalam suatu komunitas dengan hobi yang sama.
  4. Peduli dengan diri sendiri.
    Menjaga kesehatan tubuh juga berperan sangat penting. Menjaga diri sendiri adalah salah satu cara kita untuk merasa bahwa kita layak mendapatkan kebahagiaan.
  5. Bertemu dengan psikiater/psikolog.
    Bertemu dengan mereka dapat membantu diri kita untuk menemukan permasalahan yang ada di dalam diri kita.

Artikel Terkait