Ketahui Sindrom Othello, Gangguan Mental Cemburu Berlebihan yang Berbahaya

FT News – Sindrom Othello atau cemburu berlebihan merupakan sebuah gangguan mental yang dapat menimbulkan perilaku irasional dan berbahaya.

Orang yang mengalami Sindrom Othello juga dapat membahayakan keselamatan pasangannya, karena cemburu berlebihan malah membuat pasangan menjadi tersakiti.

Dirangkum FTNews.co.id, berikut adalah penjelasan tentang cemburu berlebihan dan bagaimana ia dianggap sebagai kelainan:

Definisi dan Gejala

Cemburu berlebihan, atau Sindrom Othello, adalah kepercayaan yang salah bahwa pasangan tidak setia tanpa bukti yang jelas.

Gejala utama sindrom ini meliputi:
– Pikiran Obsesif: Pikiran yang tidak nyata tetapi menimbulkan respons kompulsif, seperti terus-menerus menghubungi pasangan yang dicurigai sebagai selingkuhan.

– Pikiran Intrusif: Pikiran yang tak terhindarkan yang tidak dapat didorong keluar dari pikiran, mendorong respons yang paling sering melibatkan pembatasan ruang gerak pasangan yang dicurigai.

– Pikiran Delusional: Tindakan yang didorong oleh pikiran delusional sering kali tidak logis atau berbahaya karena tidak didasarkan pada kenyataan.

Ilustrasi korban perundungan kekerasan seksual. Foto: canva
Perbedaan dengan Cemburu Normal

Cemburu normal adalah emosi yang umum dialami sebagian besar orang di waktu tertentu dalam periode kehidupannya.

Namun, cemburu berlebihan menjadi tidak sehat ketika berubah menjadi obsesi dan kebutuhan konstan untuk mengetahui segala gerak-gerik pasangan.

Penyebab dan Faktor Risiko

Sindrom Othello sering terkait dengan gangguan sistem persarafan, neurodegeneratif, dan kejiwaan, berupa gangguan psikotik fungsional.

Faktor risiko lainnya termasuk perubahan personaliti dan perilaku yang signifikan pada penderita sindrom Othello, yang berpotensi membahayakan diri mereka sendiri.

Penanganan

Penanganan sindrom Othello meliputi intervensi farmakologis dan terapi perilaku dialektikal. Antipsikotik atipikal sering diresepkan dokter, dan Tiapride direkomendasikan oleh Mukai (2003) sebagai obat pilihan pada lansia dengan sindrom Othello.

Prognosis

Prognosis sindrom Othello tergantung pada fenomenologi dan patofisiologi yang mendasari terjadinya penyakit, eksistensi gangguan mental komorbid, dan respons terhadap terapi. Dengan penanganan paripurna dan komprehensif, maka sindrom Othello segera teratasi, dan penderita dapat segera produktif.

BACA JUGA:   Kesepian Itu Sama Bahayanya dengan Isap 15 Rokok per Hari

Dalam kesimpulan, cemburu berlebihan bukan hanya emosi yang normal, tetapi juga dapat menjadi tanda gangguan mental yang berbahaya dan memerlukan perhatian medis.

 

Artikel Terkait

Nasib Hubungan Dinar Candy Usai Ko Apex Tersangkut Kasus, Putus?

Nasib hubungan Dinar Candy dan Ko Apex dipertanyakan usai...

Sampai Jual Aset, Dinar Candy Terancam Kehilangan Rp 7 Miliar

Dinar Candy terancam kehilangan Rp 7 miliar. Uang tersebut...

Fiersa Besari Rehat Manggung: Nggak Tau Sampai Kapan

Fiersa Besari memutuskan vakum dari dunia musik. Keputusan ini...