Ketua DPR Minta Semua Pihak Waspada Varian Omicron XBB

Forumterkininews.id, Jakarta -Ketua DPR RI Puan Maharani meminta semua pihak waspada terhadap sub varian Omicron XBB yang kini telah sampai di Indonesia.

Dijelaskan Puan, guna mempersiapkan ledakan kasus yang tak terprediksi, ia secara khusus meminta agar fasilitas kesehatan harus lebih siap.

”Kita tengah menghadapi berbagai permasalahan kesehatan. Upaya pemerintah berkaitan dengan infrastruktur medis, termasuk tenaga kesehatan harus optimal di seluruh daerah,” kata Puan dalam keterangan resminya, Rabu (26/10).

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, sub-varian Omicron XBB diketahui telah masuk ke Indonesia melalui transisi lokal dan pasien pertama yang terdeteksi telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober 2022 lalu.

Disinyalir fatalitas varian XBB tidak lebih parah dari varian Omicron, namun Puan meminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng varian baru Covid-19 itu.

“Karena berdasarkan laporan, penularan varian XBB sangat cepat. Untuk itu, protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan demi menjaga diri dan keluarga dari bahaya penularan Covid,”imbuhnya.

Sebagai salah satu upaya peningkatan kewaspadaan, Puan mendorong pemerintah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis 3 atau booster.

Serta penggunaan vaksin Bivalen seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa negara.

Di sisi lain, upaya dari sisi medis dinilai harus dibarengi dengan kesadaran dari masyarakat. Baik dari penerapan protokol kesehatan, maupun kemauan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Kewaspadaan terhadap Covid-19 jangan pernah kendur. Kita tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan sekalipun saat ini kondisi pandemi Covid-19 sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,”tandasnya.

Sejauh ini, setidaknya 24 negara telah melaporkan temuan Omicron XBB pada pasien Covid-19.

Subvarian ini digadang menjadi penyebab tren kenaikan kasus di Singapura dan beberapa negara lain.

Di Indonesia sendiri, terjadi kenaikan kasus Covid-19 di 24 provinsi dalam 7 hari terakhir.

BACA JUGA:   Sah! Kaesang Pangarep Gabung ke PSI

Hal ini terjadi di tengah ‘meledaknya’ kasus gagal ginjal akut pada anak yang tengah melanda Indonesia.

Artikel Terkait