KPU Kabupaten Tangerang Baru Petakan Wilayah Pasar Kemis yang Masuk dalam TPS Rawan Banjir

FTNews – Kecamatan Pasar Kemis disebut-sebut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Tangerang yang termasuk dalam tempat pemungutan suara (TPS) rawan banjir.

“Kita sudah inventarisir beberapa TPS rawan banjir, sekarang baru kita data yaitu wilayah Kecamatan Pasar Kemis. Dan kami pun sudah menginformasikan ke teman-teman KPPS,” kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar kepada awak media, Selasa (30/1).

Umar mengatakan, potensi bencana banjir pada lokasi pendirian TPS menjadi salah satu yang diwaspadai dalam Pemilu yang akan berlangsung dalam hitungan hari.

Apalagi sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Tangerang sering diterjang banjir, lantaran itu perlu diantisipasi agar tidak terjadi kembali.

Salah satu upaya antisipasi itu, yakni KPU melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, serta petugas pemungutan suara (PPS) di wilayah untuk mendirikan TPS di tempat yang bebas banjir.

“Kami sudah menginstruksikan untuk terus memitigasi terkait kerawanan bencana itu. Sementara data yang diperoleh tidak ada penambahan kawasan atau TPS yang rawan banjir, baru di Kecamatan Pasar Kemis saja,” katanya.

Sementara itu, ia mengatakan titik-titiknya berada di desa Gelam Jaya.

“Secara detailnya itu ada lima TPS masuk rawan terkena banjir,” tambahnya.

Untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik dan lancar, Umar menjamin keamanan surat suara Pemilu saat pendistribusian ke lokasi TPS.

Salah satu langkahnya, yakni KPU Kabupaten Tangerang memberikan pengamanan ekstra dengan memasang plastik di setiap kotak suara.

“Kalau dulu, plastik itu hanya di dalam kotak suara sebagai pelindung surat suaranya. Sekarang semuanya baik kotak maupun isi kotaknya kita berikan pengaman plastik,” tuturnya.

Pada Pemilu 2024, KPU Kabupaten Tangerang mencatat ada 9.016 TPS yang tersebar di 274 desa/kelurahan telah ditentukan pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:   7.706 Personel Gabungan Siap Amankan TPS saat Pemilu 2024 Besok

Kemudian untuk jumlah daftar pemilih tetap atau DPT berkelanjutan yang diperbarui sebanyak 2.353.825 jiwa, yang terdiri dari 1.188.969 pemilih laki-laki dan 1.164.856 pemilih perempuan.

Artikel Terkait

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...

Penyerapan Pajak Kota Tangerang Meningkat Drastis PBB-P2 97,3% dan BPHTB 105,8%

FTNews--- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mencatatkan tren positif...