Mana Lebih Baik, Teh Atau Kopi Diminum Pagi Hari?

FTNews – Teh dan kopi adalah dua pilihan minuman yang paling banyak dikonsumsi saat pagi hari. Keduanya, lebih punya banyak penggemar ketimbang susu atau jus.

Pilihan antara teh dan kopi untuk diminum di pagi hari tergantung pada preferensi pribadi seseorang. Bergantung juga pada toleransi terhadap kafein, dan efek yang ada pada tubuh masing-masing.

Baik teh maupun kopi memiliki manfaat kesehatan dan karakteristik unik. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat membantu kamu memilih teh atau kopi.

Teh di Pagi Hari

(istockphoto)
  • Kandungan kafein lebih rendah. karena secara umum teh mengandung kafein lebih sedikit daripada kopi. Jika kamu mencari pilihan dengan kandungan kafein yang lebih rendah, teh mungkin lebih sesuai.
  • Antioksidan, teh terutama teh hijau, mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan.
  • Efek relaksasi, beberapa jenis teh seperti teh herbal atau teh chamomile, tidak mengandung kafein dan dapat memberikan efek relaksasi.

Kopi di Pagi Hari

(istockphoto)
  • Kandungan kafein lebih tinggi, kopi biasanya memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan teh, memberikan dorongan energi yang lebih kuat.
  • Peningkatan fokus, kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, dan fokus.
  • Varian rasa beragam, kopi hadir dalam berbagai varietas dan metode penyeduhan, sehingga kamu dapat menyesuaikan rasa sesuai selera.

Pertimbangan Tambahan


Toleransi terhadap kafein, pertimbangkan seberapa baik tubuhmu mentoleransi kafein. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap kafein dan mungkin memilih teh.

Efek lambung, kopi bersifat asam dan dapat mempengaruhi orang dengan masalah lambung. Jika kamu memiliki masalah lambung, teh mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Rasa, akhirnya  pilihlah minuman yang kamu suka dan sesuai dengan selera.

BACA JUGA:   Menko Luhut: Mayoritas Pasien Covid-19 Meninggal Karena Komorbid Diabetes

Penting untuk diingat bahwa setiap orang itu unik, dan apa yang cocok untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain.

Perhatikan juga bahwa minum air putih tetap penting di pagi hari untuk menjaga hidrasi. Kalau kamu tidak yakin, eksperimenlah dengan kedua minuman tersebut dan amati bagaimana tubuhmu merespons.

Artikel Terkait