Mendag Harusnya Antisipasi Lonjakan Harga Telur dan Daging

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyebut Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan seharusnya bisa mengantisipasi harga telur dan daging ayam saat ini melonjak tinggi.

“Seharusnya ada antisipasi dari Pemerintah agar harga telur dan daging ayam tidak meroket tinggi,” ujar Daniel dalam keterangannya, Selasa (23/5).

Legislator Dapil Kalimantan Barat I ini memperkirakan, ada dua faktor utama penyebab harga telur dan daging ayam naik drastis dalam dua pekan terakhir. Yakni faktor produksi dan distribusi.

“Faktor produksi menjadi penyebab kenaikan harga di hulu. Para peternak kerap kesulitan mendapatkan pakan yang layak untuk hewan ternaknya,” tandas Daniel.

Baca Juga: Harga Telur dan Daging Naik, Puan Desak Pemerintah Cari Solusi

Menurutnya, Pemerintah perlu mengembangkan kebijakan antisipasi yang mendukung peternakan ayam dan telur secara berkelanjutan.

Harga pakan ayam yang saat ini berada di kisaran Rp8.500 per kilogram hingga Rp8.700 per kilogram dinilai oleh Daniel juga merupakan cerminan dari harga telur dan daging ayam yang mengalami kenaikan.

“Kedua soal distribusi. Saat ini penyebab persoalan di hilir yakni kurangnya perhatian pemerintah daerah yang memiliki kewajiban menanggung biaya transportasi pendistribusian dari peternak ke pasar-pasar,”pungkasnya.

Artikel Terkait