Menkes Budi: Varian Omicron Tetap Bisa Tertular Meski Sudah Dua Dosis Vaksin

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan meminta Masyarakat Indonesia untuk mewaspadai merebaknya covid-19 varian omicron.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Omicron tetap bisa masuk ke tubuh seseoranga yang sudah dua kali vaksin.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu menyingkapi dari kasus varian Omicron yang terdeteksi di 97 negara, mayoritas negara-negara Eropa. Padahal capaian vaksinasi di negara-negara Eropa sudah tinggi.

“Kemungkinan besar beberapa orang yang sudah divaksin lengkap tetap tertular varian Omicron,” kata Budi, Senin (20/12).

Budi menyebut ada tiga kasus varian Omicron yang terdeteksi di Indonesia saat ini. Mereka yang terinfeksi antara lain petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran, serta WNI pelaku perjalanan dari Amerika Serikat dan Inggris.

Menurutnya, petugas kebersihan di Wisma Atlet diduga terpapar oleh WNI yang tiba dari Nigeria 27 November lalu. Ia memastikan tiga kasus varian Omicron ini penularan dari luar negeri atau imported case.

“Alhamdulillah semua kasus terjadi di karantina, bisa kita tangkap di karantina, sampai saat ini belum ada yang menyebar ke luar,” ujarnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...