Menko PMK Tak Ragukan Reputasi Akademik dan Integritas Intelektual Azyumardi

Forumterkinininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengenang Ketua Dewan Pers Profesor Dr Azyumardi Azra.

Menko PMK menjadi inspektur upacara dalam prosesi pemakaman Ketua Dewan Pers Profesor Dr Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9).

Terkait hal ini ia mengatakan meninggalnya Azyumardi membuat kehilangan sosok reputai akademik dan integritas intelektual untuk Indonesia.

“Khazanah intelektual yang telah dia bangun sangat bermakna sekali bagi kemajuan bangsa ini,” Ucapnya.

“Khususnya di dalam bidang ilmu sosial dan kebudayaan, plus keilmuan keislaman,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan semasa hidup almarhum, dirinya memiliki hubungan yang baik yaitu salah satunya sama-sama bersinergi ketika beliau menjabat sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah dan saya menjadi rektor sebuah perguruan tinggi swasta di Malang.

“Kita saling cocok-cocokan, saling berkomunikasi bagaimana cara membangun sebuah perguruan tinggi yang hebat,” kata Muhadjir.

“Kebetulan saya lebih duluan menjadi rektor daripada beliau,” tambahnya

Selain itu Muhadjir dan almarhum juga sama-sama aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) dan juga Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial.

“Kebetulan saya sudah sempat menjadi Ketum di ICMI, dan mestinya tahun ini adalah giliran pak Azyumardi menjabat sebagai ketua, Tapi rupanya takdir telah menentukan, Allah lebih menentukan daripada kita dan mudah-mudahan dia ada dalam kedudukan yang lebih mulia di sisi Allah,” tutup Muhadjir.

Artikel Terkait