Minuman Tumpah dari Gelas saat Berjalan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

FTNews – Kita sering berjalan sambil membawa gelas yang berisikan minuman. Tidak jarang, minuman yang kita bawa secara hati-hati tersebut akan tumpah. Mengapa hal itu terjadi?

Ternyata, ada penjelasan secara saintifik di balik kejadian ini. Sebuah penelitian dari American Physical Society menganalisis berdasarkan sudut pandang sistem dinamik dan mekanika fluida.

Mereka mengatakan bahwa kita menumpahkan minuman ketika kita bergerak terlalu cepat. Kecepatan kita dalam berakselerasi menentukan gelombang air yang akan terjadi di permukaan gelas.

Gelombang air yang berada di dalam gelas akan bergerak maju-mundur dan dengan seiring bertambahnya momentum, air akan tumpah.

Tidak hanya itu, permasalahan yang lebih kompleks berkaitan dengan ukuran gelas dan kehati-hatian seseorang dalam membawa gelas tersebut. Bahkan langkah kaki seorang pria dan wanita dapat menentukan tumpahnya air di dalam gelas.

Terdapat dua kesimpulan yang mereka dapatkan untuk mengurangi tumpahnya air dari dalam gelas. 

Pertama, kita memiliki wadah yang fleksibel yang bertindak sebagai penyerap gelombang untuk memperkecil gelombang yang berada di dalam gelas.

Yang kedua, menggunakan gelas dengan permukaan yang di dalamnya bergelombang juga dapat mengurangi terjadinya gelombang.

Atau yang lebih praktis, gunakan saja penutup gelas agar tidak tumpah.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...