Mundur dari Kepala OIKN, Ini Tugas Baru Bambang Susantono

FTNews- Bambang Susantono resmi mengundurkan diri sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Berita mudurnya Bambang disampaikan langsung Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/6).

Usai mundur dari Kepala OIKN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, Bambang kini mendapat tugas baru dari pemerintah.

“Pak Bambang Susantono juga akan kita berikan penugasan baru. Sebagai utusan khusus untuk kerja sama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN,” kata Jokowi usai meninjau Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur pada Rabu (5/6).

Menurut Jokowi, Bambang Susantono memiliki pengalaman yang mumpuni di dunia internasional.

“Pengalaman beliau di internasional kita manfaatkan sebesar-besarnya bagi kebaikan negara,” ujar Jokowi.

Untuk alasan mundurnya Bambang, kata Jokowi itu merupakan alasan pribadi dan tidak bisa terekspos ke publik.

Resmi Mengundurkan Diri

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengatakan Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN.

“Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Terima kasih atas pengabdian beliau-beliau,”kata Pratikno, Senin (3/6).

Sebagai gantinya, Jokowi telah menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara.

Penunjukan keduanya dalam status sebagai Plt ini, lanjutnya, agar segera untuk menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya dengan visi semula.

“Pak Menteri PUPR dan Pak Wamen ATR dipanggil oleh Bapak Presiden, agar dalam status sebagai Plt ini segera untuk menjamin percepatan pembangunan IKN. Dengan sebaik-baiknya, dengan visi semula ya, yaitu tetap konsisten pada rencana Nusa Rimba Raya itu. Dan tentu saja juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar juga,” pungkasnya.

Artikel Terkait