Nggak Pake Ribet! Ini Tiga Cara Praktis Akses Layanan BPJS Kesehatan dari Rumah
Kesehatan

BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi demi meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pesertanya dalam mengakses layanan. Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak perlu repot datang ke kantor cabang karena urusan administrasi BPJS Kesehatan dapat dilakukan cukup dengan menggunakan gadget melalui tiga kanal layanan utama.
Berikut ini panduannya, dilansir Instagram BPJS Kesehatan:
1.Whatsapp Pandawa (0811 8 165 165)
Baca Juga: Tangis Wenny Myzon Pegawai PT Timah Usai Viral Hina Honorer Pakai BPJS: Maaf atas Kegaduhan Ini
Foto: Instagram BPJS Kesehatan
Layanan ini memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk memfasilitasi peserta JKN dalam hal: - Layanan Administrasi (Senin–Minggu, 08.00–17.00): Pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, perubahan data, pengaktifan kepesertaan, dan perubahan faskes. - Layanan Informasi (24 jam): Cek status kepesertaan, pembayaran, virtual account, skrining kesehatan, info layanan JKN, dan cari lokasi kantor cabang atau fasilitas kesehatan - Layanan Pengaduan (24 jam): Menyampaikan keluhan terkait layanan JKN.
2.Aplikasi Mobile JKN
Baca Juga: Hanya PoV, Jadi Alasan Wenny Myzon Pegawai PT Timah BUMN Hina Honorer Pakai BPJS
Foto: Instagram BPJS Kesehatan
Aplikasi resmi BPJS Kesehatan ini dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store, menyediakan beragam fitur: Info dan perubahan data peserta (status kepesertaan, faskes, kelas rawat, dan lainnya)
Pendaftaran pelayanan (antrean faskes tingkat pertama dan lanjutan) Konsultasi dokter Informasi iuran dan pembayaran (termasuk virtual account) Info layanan operasional, tempat tidur, dan obat Layanan pengaduan dan fitur JKN Bugar
3.BPJS Kesehatan Care Center 165
Foto: Instagram BPJS Kesehatan
Layanan telepon interaktif ini dapat diakses 24 jam setiap hari. Jenis layanan yang tersedia meliputi: Pengecekan status kepesertaan dan tagihan (VIKA) Layanan administrasi: Pendaftaran, perubahan data peserta, pengaktifan kembali status, hingga aktivasi kartu Informasi dan pengaduan: Semua bentuk pertanyaan dan keluhan peserta bisa disampaikan lewat saluran ini.
Dengan tiga kanal ini, BPJS Kesehatan mendorong kemudahan akses layanan JKN yang lebih cepat, praktis, dan efisien di mana saja dan kapan saja. Jangan ragu manfaatkan teknologi agar urusan BPJS makin sat set! ***