Omicron Naik Dua Kali Lipat dalam Sepekan Terakhir

Forumterkininews.id, Jakarta- Angka kasus Covid-19 varian Omicron di dunia naik delapan kali lipat dalam sepekan terakhir ini, demikian dikatakan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

“Dibandingkan minggu lalu saat kita press conference, ada 7.900 kasus Omicron. Minggu lalu kasusnya naik menjadi 62.342. Jadi kenaikan lebih dari 8 kali lipat dalam seminggu,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (20/12).

Selain itu, jumlah negara yang melaporkan varian Omicron juga meningkat. Dua pekan lalu, kata Budi, sebanyak 72 negara melaporkan temuan kasus Omicron, angka itu bertambah pada awal pekan ini menjadi 97 negara.

Dia juga mengatakan populasi Covid-19 varian Omicron di dunia kini lebih banyak berada di Eropa ketimbang di Afrika Selatan.

Temuan Covid-19 varian Omicron kini terbanyak berada di Inggris dengan 37 ribu kasus, Denmark 15 ribu kasus, Norwegia 2000 kasus, Afrika Selatan 1.300 kasus, dan Amerika Serikat 1000 kasus.

“Jadi sudah mulai terjadi pergeseran populasi Omicron, yang paling banyak ada di Eropa,” tuturnya.

Lebih lanjut Budi juga menjelaskan kemungkinan besar ada penurunan kemampuan vaksin melawan varian Omicron. Sehingga kemampuan vaksin Covid-19 untuk mencegah tingkat keparahan usai terkena varian Omicron bisa menurun.

“Juga sudah terbukti sekarang bahwa kemampuan netralisasi virus pasca infeksi dan imunisasi menurun pada Omicron dibandingkan varian lain,” ia menuturkan.

 

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...