Pemeriksaan Kesehatan 3 Cakada Dilakukan di RS Haji Medan

FT News – Rumah Sakit Haji menjadi salah satu tempat pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon kepada daerah yang mengikuti Pilkada Serentak 2024. Persiapan demi persiapan telah dilakukan demi kelancaran proses pemeriksaan kesehatan para calon kepada daerah (Cakada).

Wadir Umum dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Haji Medan, Ridesman Nasution, SH, SKM, M.Kes mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan penuh untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan yang rencananya berlangsung 27 hingga 29 Agustus 2024 kemudian pelaksanaan pemeriksaan kesehatannya sendiri akan dimulai pada 28 Agustus dan berlanjut hingga 2 September 2024.

Sejauh ini, RS Haji Medan sudah berkomunikasi dengan 12 KPU, termasuk KPU Provinsi Sumatera Utara dan 11 KPU kabupaten/kota, untuk mempersiapkan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini.

“Dari 12 KPU tersebut, tiga di antaranya telah memutuskan untuk bekerjasama dengan RS Haji Medan. Yaitu KPU Kabupaten Mandailing Natal, KPU Kota Tebing Tinggi, dan KPU Kabupaten Batu Bara,” terang Ridesman Nasution, Rabu (21/8).

RS Haji Medan, lanjut Ridesman telah melakukan berbagai peningkatan. Seperti fasilitas medis selama dua tahun terakhir, untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan khusus ini.

“Kami telah menyiapkan gedung khusus, yaitu gedung yang sebelumnya digunakan sebagai ruang isolasi terpadu waktu Covid-19, untuk menjadi pusat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah. Di gedung ini, semua tahapan pemeriksaan, baik fisik maupun penunjang, dapat dilakukan dengan fasilitas yang lengkap,” papar Ridesman.

Untuk teknis pelaksanaan, ia menyatakan bahwa RS Haji Medan mengikuti pedoman teknis berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024, yang mengatur tentang pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah.

“Tim pemeriksa kesehatan yang kompeten telah dibentuk dan siap menjalankan tugasnya sesuai dengan standar yang ditetapkan. Keputusan untuk menunjuk RS Haji Medan sebagai salah satu rumah sakit yang dipercaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah merupakan sebuah kehormatan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Bersama Seribuan Scooterist Bobby Nasution Keliling Kota Medan

“Ini menunjukkan bahwa rumah sakit kami memiliki kualitas yang dapat diandalkan. Kami siap melaksanakan pemeriksaan ini dengan jumlah calon,” imbuh Ridesman.

Ridesman berharap proses pemeriksaan kesehatan ini dapat berjalan lancar, dan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi RS Haji Medan sebagai rumah sakit daerah yang dipercaya untuk tugas penting ini.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Haji Medan, drg. Fitrady Ulianda Siregar, M.Kes, menjelaskan bahwa pihaknya telah persiapkan tenaga yang diperlukan untuk pemeriksaan kesehatan.

“Semua tenaga medis kami sudah siap, jadi tidak perlu khawatir. Kami akan melayani semua calon yang mendaftar, tanpa ada batasan jumlah,” pungkasnya.

Artikel Terkait