Pengamanan di P20, Polda Metro Bakal Belajar dari Tragedi Kanjuruhan

Forumterkininews.id, Jakarta – Indonesia akan menggelar Parliamentary Speakers Summit (P20) yang akan digelar pada 5-7 Oktober 2022. Polda Metro Jaya akan melakukan evaluasi standar prosedur pengamanan jajarannya.

Hal itu dikatakan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (4/10).

“Berkaca pada peristiwa di stadion Kanjuruhan Malang Jawa timur, memberikan kita turning points untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jajarannya harus memahami bagaimana aturan standar pengamanan pada Perkap No 1 Tahun 2009. Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.

“Kita harus mempedomani secara betul tahapan-tahapan, mulai dari kerumunan hingga berkumpulnya massa yang dapat menimbulkan terjadinya kekacauan,” kata Fadil.

Fadil berharap jajarannya dapat memahami segala tindakan ketika melakukan pengamanan. Termasuk menghindari penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukan anggota saat bertugas di lapangan.

“Jadi segala keputusan yang akan kita ambil harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi dinamis di lapangan,” ujar Fadil.

“Kita berharap kegiatan Parliamentary Speakers Summit P20 dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir,” tambahnya.

Terkait hal ini Fadil menyadari bahwa tragedi di Stadion Kanjuruhan yang memakan banyak korban telah membuat tindakan pengamanan kepolisian menjadi sorotan luas untuk kedepannya segera diperbaiki.

“Maka dari itu kedepankan langkah-langkah pencegahan, perkuat tahapan persiapan, dalam berbagai kesempatan selalu saya sampaikan filosofi taylor (penjahit) yaitu menyesuaikan dengan ukuran, karakteristik dari penggunanya, dari situasi,” ucap Fadil.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...