Perkuat Ekonomi Kreatif di Jateng Melalui Solo Menari 2024

FTNews – Menyambut Hari Tari Dunia, Kota Solo mengadakan sebuah acara yang bernama “Solo Menari 2024” pada hari Senin (29/4). Agenda tahunan ini berlangsung di Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), juga ikut memeriahkan acara ini. Ia mengatakan bahwa acara tari ini termasuk ke dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), “Karisma Event Nusantara (KEN)”. 

Harapannya, acara ini dapat memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Kota Solo. Di mana, Kita Solo sebagai salah satu kota kreatif terbaik di Indonesia. “Hari Tari Sedunia pada 29 April mudah-mudahan semakin menggeliatkan ekonomi dan seni budaya di Kota Solo,” jelas Sandiaga.

Penari yang mengisi acara Solo Menari 2024, Selasa (29/4). Foto: Kemenparekraf

Tahun ini, Solo Menari mengangkat tema “Animal Movements”. Tema ini mengangkat inspirasi dari gerakan hewan dari para penari yang tampil.

Solo Menari 2024 berlangsung di berbagai lokasi di Kota Solo. Mulai dari Taman Sriwedari, Solo Safari, serta Balai Kota Solo dengan masing-masing tempat menampilkan beragam jenis tarian yang berbeda.

Menparekraf Sandiaga mengatakan bahwa penyelenggaraan Solo Menari setiap tahunnya dapat memperkuat predikat Kota Solo di mata UNESCO. Karena, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin Kota Solo masuk ke dalam UNESCO Creative Cities Network untuk kategori kerajinan dan kesenian rakyat.

“Posisi UNESCO ini harus dipertahankan. Kita harapkan ekosistem ekonomi kreatif di Solo akan semakin membaik,” ungkap mantan Wakil Gubernur Jakarta ini.

Dengan hadirnya Solo Menari ini, harapannya menjadi inspirasi seni budaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, juga menggeliatkan sektor pariwisata dengan semakin banyak kunjungan wisatawan. “Solo Menari menjadi pergelaran kelas dunia yang dikunjungi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya seni pertunjukan tari,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Artikel Terkait