Pertarungan Debut Indonesia Lawan Para Juara Piala Asia U-23

FTNews – Indonesia kini sudah mengamankan tiketnya pada pertarungan semifinal Piala Asia U-23. Peraih gelar juara dari masing-masing edisi akan menyambut Indonesia sebagai tim debut.

Saat ini Indonesia akan menjadi negara satu-satunya yang merupakan debutan pada pertarungan semifinal Piala Asia U-23. Hal ini karena seluruh tim yang ada sudah beruntuhan menyisakan 4 tim terbaik.

Skuat Garuda akan melakoni pertandingan melawa Uzbekistan untuk memastika langkahnya sampai final. Tim Serigala Putih yang menjadi lawan Skuat Garuda ini, sudah pernah meraih gelar juara pada edisi sebelumnya tahun 2018.

Pada pertandingan tersebut Uzbekistan mengalahkan tim Vietnam dengan skor akhir 2-1. Bahkan tim ini merupakan salah satu tim yang selalu hadir pada semifinal dalam tiga edisi terakhir.

Mulai dari tahun 2022 saat menjadi runner-up usai kalah dari tuan rumah Arab Saudi 2-0. Kemudian peringkat ke empat tahun 2020 melawan Australia 1-0. Kini pertandingan melawan tim Skuat Garuda akan mereka tempuh.

Tim U-23 Indonesia. (Foto: AFC)

Tim U-23 Indonesia pada ajang ini merupakan negara yang baru pertama kali menginjakan kakinya pada Piala Asia U-23. Sehingga jika terlihat dari rekam jejaknya, Uzbekistan lebih bagus catatanya dari Indonesia.

Catatan Bagus Indonesia

Namun, sepak bola Indonesia saat ini sudah tidak perlu diragukan dalam kemampuannya. Berbagai tim besar yang memiliki rekor bagus dalam ajang ini habis Tim asuhan Shin Tae-Yong libas dalam pertandingan. Dalam pertarungan debut Indonesia, telah membuktikan bahwa mereka mampu mengalahkan Korea Selatan hingga laga adu penalti 11-10.

Korea Selatan yang menjadi juara Grup B tanpa kalah satupun, bahka mengalahkan Jepang 1-0 harus berhenti sampai delapan besar. Tim yang tidak pernah gagal dalam 40 tahun melaju ke Olimpiade, kini harus terpatahkan oleh Skuat Garuda.

BACA JUGA:   Fokus Perkuat Tim, Irak Tidak Anggap Enteng Indonesia
Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di AFC U-23. Foto: PSSI

Bahkan Australia yang juga merupakan tim raksasa merasakan dampaknya usai tertahan pada fase grup karena kalah oleh Indonesia. Kini kemampuan Rizky Ridho dan kawan-kawan akan diuji kembali dengan lawan Uzebekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4).

Selain Uzbekistan, dua calon lawan lainnya pada final jika berhasil lolos juga merupakan peraih gelar juara. Jepang merupakan peraih gelar Juara pada tahun 2016 usai mengalahkan Korea Selatan 3-2.

Balas Dendam Shin Tae-Yong

Pelatih utama, Shin Tae-Yong. (Foto: Instagram/Shin)

Ini juga akan menjadi balas dendam STY kepada Jepang. Kala itu ia merupakan pelatih dari tim U-23 Korea Selatan. Bisa jadi jika pertemuan Indonesia dan Jepang pada final tersebut merupakan sebuah takdir Shin Tae-Yong membuktikan kemenangan dari Jepang walaupun dengan tim yang berbeda.

Salah satu tim terakhir yaitu Irak juga memiliki gelar juara tahun 2013 awal mula Piala Asia U-23 berlangsung. Pada ajang tersebut Irak berhasil menumbangkan Arab Saudi 1-0. Pertarungan debut Indonesia saat ini sudah menjadi sorotan banyak pihak.

Terlebih Garuda berhasil bermain dengan hebat. Seluruh gol yang mereka ciptakan tidak hanya terjadi dari keberuntungan, melainkan permainan cantiknya.

@timnasindonesia

Penentu kemenangan kita 🙌 #KitaGaruda #BersamaGaruda #GarudaMendunia

♬ Powerful songs like action movie music – Tansa

Artikel Terkait