PKB Ogah Dukung, Duet Anies-Sohibul Layu Sebelum Berkembang?

Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ogah untuk menduetkan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pria yang disapa Cak Imin itu menegaskan bahwa duet AMAN merupakan versi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PKB tegas Cak Imin punya versinya sendiri.

“Itu versi PKS kan, kami punya versi juga,” kata Cak Imin seperti dikutip dari Antara.

Cak Imin menegaskan sejauh ini DPW PKB DKI berencana untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Sebagai pimpinan pusat partai, dia mengaku mempertimbangkan hal tersebut.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kiri) didampingi Sekjen Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) menyambut kedatangan pasangan bacapres Anies Baswedan (kedua kanan) dan bacawapres Muhaimin Iskandar (kedua kiri) (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp)

 

Meski begitu, Cak Imin mengatakan pasangannya saat mengikuti Pilpres 2024 tersebut memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi di Jakarta sehingga Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu berpotensi menjadi calon terkuat yang bakal diusung PKB.

Dia mengatakan keputusan pasti tentang dukungan kepada Anies bakal diputuskan setelah pihaknya pun menentukan calon wakil gubernurnya.

Namun, penetapan Anies dan bakal calon wakil gubernur yang akan diusung PKB bakal melalui proses musyawarah dengan partai politik lain.

“Sampai hari ini kita masih memantapkan siapa pasangan Anies,” tegasnya.

PKS Usung AMAN

Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mengusung pasangan Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024.

“Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa (25/6).

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Cabut dari Gerindra, Dasco: Suratnya Sih Belum Diterima
Anies-Muhaimin menjadi salah satu pemohon di sidang PHPU. Foto: Antara

 

Dia mengatakan struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

Ia mengatakan struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

Syaikhu menyebut nama-nama yang ada kemudian dibahas dalam Rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) dengan mempertimbangkan calon yang memiliki rekam jejak pengalaman kepemimpinan di eksekutif maupun legislatif, memiliki kredibilitas dan kapasitas, serta peluang menangnya besar.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...