PMI Gelar Pelatihan Dokter Kecil untuk Pelajar SD di Tangerang

Forumterkininews.id, Tangerang – Palatihan “dokter kecil” bagi sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) digelar di aula Puskesmas Panunggangan Barat, Tangerang, Banten. Hal ini merupakan salah satu program kerja Dinas Kesehatan yang diselenggarakan melalui PMI Kota Tangerang Banten bersama Puskesmas Panunggangan Barat. Pelatihan yang diberikan kepada pelajar ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam menangani insiden kecil di sekolah.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah mengatakan Pelatihan ‘dokter kecil’ ini, salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi ‘dokter kecil’ di sekolah mereka. Sehingga siswa bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam kegiatan ini, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet. Juga teknik pengangkatan korban pingsan. Kegiatan ini diharapkan dapat mengajarkan para peserta untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah.

“Adapun tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi roll model bagi temen-temennya di lingkungan sekitar. Kemudian menjadi contoh yang baik untuk membatu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah,” ujar Oman.

Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya di saat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

“Semoga setelah pelatihan ini bisa berkelanjutan baik ilmu yang di dapatnya bukan sekedar mengikuti kegiatan saat kegiatan ini saja karena supaya bisa bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat kedepannya,” katanya.

Artikel Terkait