PMI Siapkan 375 Ribu Liter Air Bersih Antisipasi Dampak Kemarau

FTNews, Ungaran— Berbagai pihak ikut membantu mengatasi kelangkaan air bersih yang dialami sejumlah wilayah di Jawa Tengah akibat musim kemarau ektrem.Di antaranya adalah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Semarang.

Saat ini misalnya, PMI Kabupaten Semarang menyiapkan sedikitnya 75 tangki air bersih. Setiap tangki, mampu menampung 5 ribu liter air bersih. Jika ditotal bantuan yang tersedia sekitar 375 ribu liter air bersih.

Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang selaku Ketua umum PMI, Djarot Supriyoto menjelaskan, sebanyak 10 tangki air bersih sudah dikirimkan ke beberapa desa di Kecamatan Ungaran Timur dan Suruh.

“Pelepasan armada truk pengangkut bantuan air bersih dilakukan oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha, usai apel Peringatan HUT ke-79 PMI,” jelasnya pada apel tersebut, di halaman pendapa rumah dinas bupati setempat, Kamis (19/9/2024), dilansir Diskominfo Jateng.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, menyampaikan apresiasi atas loyalitas dan integritas jajaran PMI yang telah membantu Pemkab Semarang, di setiap situasi bencana dan musibah. Termasuk menyediakan air bersih, sebagai antisipasi kelangkaan sepanjang musim kemarau tahun ini.

“PMI harus siap setiap saat, jika ada permintaan warga yang membutuhkan air bersih. Lakukan koordinasi dengan BPBD dan Pemkab Semarang,” tegasnya.

Dikatakan, jumlah desa yang mengalami kelangkaan air bersih tahun ini diprediksi menurun. Pada 2023 lalu, ada 56 desa yang mengalami kelangkaan dan mengajukan bantuan. Sedangkan sampai dengan pertengahan semester II tahun ini, kurang dari 10 desa yang membutuhkan pasokan air bersih.

Kepala Markas PMI Kabupaten Semarang Tri Astanto menambahkan, pihaknya akan terus berupaya memenuhi permintaan dropping air bersih dari masyarakat. Tahap pertama kiriman air bersih diperkirakan dapat memenuhi sebagian kebutuhan dari ratusan kepala keluarga (KK) di tujuh dusun, di empat desa di Kecamatan Suruh. Selain itu, juga di dua desa di Ungaran Timur.

BACA JUGA:   Disdukcapil Kota Bandung Lakukan Pendataan Pendatang

“Jika diperlukan, kami akan menambah pasokan air bersih,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula, bupati melepas regu sukarelawan PMI Kabupaten Semarang yang mengikuti latihan gabungan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) tingkat nasional 2024 di Kebumen.***

Artikel Terkait

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...