Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penipuan Barcode Qris Kotak Amal Masjid

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi telah mengantongi identitas seorang pria yang melakukan penipuan berkedok menempelkan kertas barcode Qris di sejumlah masjid yang terletak di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, saat diminta keterangan pada Selasa (11/4).

“Sudah teridentifikasi dan ditangani oleh Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya. Nanti kita sampaikan bersama-sama,” ucapnya.

Sementara itu ia memastikan bahwa pelaku hanya seorang diri dalam melancarkan aksi penipuan berkedok penempelan kertas barcode Qris di kotak amal.

“Iya (satu pelaku dan orang yang sama),” kata Trunoyudo.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pria yang melakukan penipuan berkedok menempelkan scan Qris di kotak amal masjid yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/4).

Pada video yang diunggah dalam akun instagram @jakartakota_, tampak seorang pria mengenakan kacamata dan kemeja berwarna biru dongker. Ia berjalan ke arah teras sebuah masjid dengan membawa sehelai kertas yang berisi kode qris tersebut.

Kemudian pria tersebut terlihat memantau situasi dengan sesekali menengok ke kanan dan kiri halaman masjid. Setelahnya menempelkan kertas qris diatas sejumlah kotak amal masjid tersebut.

Selanjutnya pria tersebut bergegas meninggalkan masjid setelah melancarkan aksinya menempelkan kertas qris pada kotak amal.

Selain itu dalam keterangan yang diunggah pada video tersebut tertulis waspada ‘scan qris palsu’ di kotak amal. Gunakan uang tunai jika ragu saat hendak shodaqoh.

“Hati-hati terutama para DKM Masjid. Telah terjadi modus penipuan mengganti barcode Qris kotak amal Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan, Lantai 7,” tulis keterangan pada unggahan video.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...