Polisi Minta Keterangan Ahli Pidana soal Laporan Penghinaan Presiden

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi masih menyelidiki kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo yang dilakukan oleh akademisi dan pengamat politik, Rocky Gerung dan Refly Harun.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan terkait klarifikasi terhadap ahli pidana.

“Ahli hukum pidana dijadwalkan akan diklarifikasi pada Jumat, 4 Agustus 2023,” kata Ade, dalam keterangannya, pada Jumat (4/8).

Sementara itu Ade mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan klarifikasi terhadap ketiga pelapor.

“Tim penyelidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melakukan upaya penyelidikan melakukan klarifikasi terhadap para pelapor dan para saksi yang dihadirkan para pelapor,” ucap Ade.

Sekadar informasi, Polda Metro Jaya menerima sebanyak tiga laporan yang dilayangkan oleh sejumlah kelompok. Terkait dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo oleh Rocky Gerung dan Refly Harun.

“Total sudah ada 3 Laporan Polisi yang saat ini ditangani oleh tim penyelidik Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, dalam keterangannya, pada Jumat (4/8).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa laporan ketiga yang diterima pihaknya berasal dari  Kelompok Relawan Demokrasi, Jimmy Fajar dengan nomor laporan LP / B / 4504 / VIII / 2023 / SPKT / Polda Metro Jaya tertanggal 2 Agustus 2023.

“Adapun dugaan tindak pidana yang dilaporkan oleh pelapor mengenai ujaran kebencian dan atau penyebaran berita bohong. Dengan Pasal 45a ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2, UU ITE Pasal 156 dan Pasal 160 KUHP, serta Pasal 14 ayat 1, ayat 2, dan Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan HukumPidana,” ujar Ade.

Sementara itu hingga saat ini pihaknya masih menindaklanjuti dengan upaya penyelidikan untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa. Diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...