Polisi Ungkap Motif Sementara Penembak Kantor MUI

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi mengungkapkan motif sementara seorang pria berinisial M (60) yang melakukan penembakan ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Selasa (2/5).

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan bahwa motif pelaku yakni ingin mendapat pengakuan sebagai wakil nabi.

“Yang pertama motif sementara bahwa yang bersangkutan ini ingin mendapat pengakuan sebagai wakil nabi,” kata Hengki, di Jakarta, pada Selasa (2/5).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hal ini diketahui dalam surat yang salah satunya membicarakan mengenai hadist di akhir zaman.

“Dalam surat tesebut, salah satunya tertulis yang bersangkutan berdasarkan hadits di akhir zaman ada 73 golongan dalam Islam dan hanya satu golongan yang diakui dan itu adalah saya sebagai wakil Tuhan,” ungkap Hengki.

Selain itu Hengki mengatakan bahwa tersangka telah memiliki niat jahat sejak 2018.

“Dari surat itu yang bersangkutan apabila tidak diakui maka akan lakukan tindakan kekerasan terhadap pejabat-pejabat negeri dan juga MUI. Dengan mencari senjata api berdasarkan surat-surat itu,” ujar Hengki.

Sebelumnya, Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjadi sasaran penembakan oleh orang yang tak dikenal pada Selasa (2/5).

Wasekjen MUI Bidang Hukum dan HAM, Ikhsan Abdullah mengatakan bahwa penembakan ini merupakan bentuk teror yang mengaku tuhan.

“Saya kira ini bentuk teror yang mengaku Tuhan. Dia bilang ngaku Tuhan,” kata Ikhsan, saat diminta keterangan, pada Selasa (2/5).

Sementara itu Ikhsan memastikan bahwa tidak ada satupun pekerja MUI yang kenal dengan pelaku.

“Ga ada yang kenal. Mui itu lagi Rapim sekaligus halal bi halal,” ucap Ikhsan.

Artikel Terkait