Profil Irjen Pol Teddy Minahasa, Pernah Jabat Kapolres Malang

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi jajarannya di lingkungan Korps Bhayangkara. Salah satu yang dimutasi, yakni Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Jabatan Nico diambil alih oleh mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa. Mutasi Irjen Nico berdasarkan Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin, tanggal 10 Oktober.

Melansir wikipedia, Irjen Pol Teddy Minahasa merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang pada tahun 1993.

Teddy mengawali karirnya setelah lulus sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah tahun 2008. Tiga tahun kemudian dirinya mulai menjadi pimpinan wilayah sebagai Kapolres Malang Kota pada tahun 2011. Selanjutnya pada tahun 2014 Teddy dipercaya menjadi ajudan Wakil Presiden yang saat itu dijabat oleh Jusuf Kalla.

Karir Teddy terus menanjak dengan menjadi Staf Ahli Wapres pada 2017. Setelah Jusuf Kalla tidak lagi menjabat, Pria kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara 23 November 1970 ini ditarik menjadi Karopaminal Divpropam Polri.

Satu tahun di Mabes Polri, Teddy kembali dipercaya menjadi pimpinan wilayah dengan penunjukannya sebagai Kapolda Banten menggantikan Tomsi Tohir. Terakhir Teddy menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat sebelum akhirnya dimutasikan ke Polda Jawa Timur.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri tersebut, termasuk Irjen Pol Nico Afinta.

“Ya betul, tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (11/10).

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Bahlil: Pembatasan BBM Subsidi belum Diterapkan per 1 Oktober 2024

FTNews --- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),...