Program Rice Cooker Gratis, DPR: Emak-emak Lebih Butuh Pangan Murah

Forumterkininews.id, Jakarta- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyoroti program bantuan bagi-bagi alat masak nasi (rice cooker) gratis oleh pemerintah saat harga pangan melambung tinggi.

Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati,  saat ini yang emak-emak butuhkan adalah harga pangan murah dan terjangkau.

“Sederhana saja, saat ini harga beras lagi tinggi-tingginya. Yang emak-emak perlukan hari ini adalah pangan murah, itu saja. Kendalikan harga pangan agar terjangkau dan murah, itu lebih prioritas. Dari pada program bagi-bagi rice cooker yang menelan anggaran besar ini,”ujar Kurniasih dalam keterangannya, Rabu (11/10).

Baca Juga: Asyik, Warga Bakal Dapat Magic Com Gratis dari Pemerintah

Sebelumnya, pemerintah menganggarkan Rp340 Miliar untuk 680.000 orang calon penerima manfaat dalam Pengadaan Alat Memasak Berbasis Listrik. Kata Kurniasih, emak-emak akan lebih terbantu dengan subsidi bantuan harga pangan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Akan menjadi sebuah kebijakan paradoks, lanjutnya,  jika sebelumnya salah satu menteri meminta agar masyarakat beralih mengonsumsi ubi-ubian saat  harga beras melambung.

Namun, kementerian lain justru memberikan bantuan alat memasak nasi dengan anggaran besar.

“Daripada tidak sinkron kebijakan, pastikan harga pangan pokok terjangkau. Itu saja yang dibutuhkan mak-mak Indonesia,”pungkasnya.

Artikel Terkait